Notification

×

TK

TK

Wabup

Wabup

Sintang 1

Sintang 1

Kurikulum Merdeka Belajar Beraspirasi Dengan Santun dan Lomba Pidato di SMA Negeri 1 Peudawa

Rabu, 08 November 2023 | 21.03.00 WIB Last Updated 2023-11-08T14:03:22Z

 


Aceh Timur, transkapuas.com - Merdeka Belajar adalah sebuah program pendidikan yang dicanangkan oleh pemerintah Indonesia pada tahun 2019. Tujuannya adalah untuk memberikan kebebasan kepada siswa dalam memilih mata pelajaran, mengikuti ekstrakurikuler, dan memilih institusi pendidikan yang sesuai dengan minat dan bakatnya. Program ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan membawa dampak positif bagi perkembangan pendidikan di Indonesia.


Salah satu hal positif dari program Merdeka Belajar adalah memberikan kebebasan kepada siswa untuk mengeksplorasi minat dan bakatnya. Siswa tidak hanya terfokus pada mata pelajaran akademis, tetapi juga dapat mengembangkan keterampilan dan minatnya di bidang lain, seperti seni, olahraga, atau teknologi. Hal ini akan meningkatkan kepuasan siswa dalam belajar dan mendorong mereka untuk mengejar prestasi yang lebih tinggi.


Selain itu, program Merdeka Belajar juga dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Dalam sistem pendidikan konvensional, siswa sering kali hanya diarahkan untuk menguasai materi akademis tanpa memperhatikan minat dan bakat mereka. Akibatnya, banyak siswa yang merasa tidak termotivasi dan merasa terkekang dalam proses belajar. Dengan Merdeka Belajar, siswa diberikan kebebasan untuk memilih mata pelajaran dan institusi pendidikan yang sesuai dengan minat dan bakat mereka. Hal ini akan meningkatkan motivasi belajar dan membawa dampak positif bagi kualitas pendidikan secara keseluruhan.


Endang Sriwati.SPd.MSM, Kepala Sekolah SMA 1 Negeri Peudawa di dampingi Irwandi.SPd sebagai dewan juri, Nurkhamalia.SPd sebagai Ketua Panitia, Desi.SPd sebagai Pembina OSIS,Nurhayati.SPd Wakil Kurikulum,dan beberapa Dewan Guru yang ikut dalam acara tersebut.


"Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan dengan lancar sehingga siswa dan siswi dapat mengikuti acara Merdeka Belajar beraspirasi dengan santun mudah mudahan apa yang menjadi harapan kita semua dengan ijin Allah Swt."imbuh Endang Sriwati.


Adapun Kegiatan lomba pidato untuk menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW adalah salah satu wujud bentuk merdeka belajar dan menyampaikan beraspirasi membangun dengan cara yang santun.


Ibu/bapak guru di SMAN 1 Peudawa ini di harapkan agar mampu untuk memberikan pembelajaran karakter yang baik kepada semua peserta didik sesuai dengan tujuan pendidikan di kurikulum merdeka saat ini.


SMAN 1 Peudawa menjalankan kurikulum merdeka dengan merdeka Belajar Pada intinya Harapan saya sebagai kepala sekolah yaitu Yang pertama agar seluruh nya mampu mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar mandiri berubah dengan baik dan benar.


Dan guru - guru mampu membentuk karakter peserta didik yang baik dan siswa mampu menjalankan Fungsi sebagai siswa, belajar dan memanfaatkan sarana sekolah,mengembangkan kreatifitas ,bakat dan minat sesuai dengan kemampuannya serta Guru dan siswa di harapkan mampu berkolaborasi untuk mewujudkan lingkungan belajar yang kondusif dan tidak mudah terpancing dengan hal hal yang negatif."tutup Endang


Zainal Abidin pjt

×
Berita Terbaru Update