Notification

×

Iklan DPRD Sekadau, Hari Buruh

Iklan DPRD Sekadau, Hari Buruh

Bupati Sekadau Hadiri Acara ODF di Kecamatan Nanga Taman

Kamis, 07 September 2023 | 16.27.00 WIB Last Updated 2023-10-19T02:28:38Z


Sekadau, transkapuas.com - Bupati Sekadau, Aron didampingi ketua TP. PKK Ny. Magdalena Susilawati Aron menghadiri acara Open Defecaption Free (ODF) tiga filar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) kecamatan Nanga Taman, Kamis (07/09/2023) di halaman kantor Camat Nanga Taman.


Dalam arahannya bupati mengatakan, agar kita bisa buatkan target bagi setiap desa dan kecamatan untuk melaksanakan ODF. Setelah itu baru kita buat progres bagi yang sudah di berikan target.


"Kita harus ada target terhadap beberapa kecamatan dan desa yang belum melaksanakan ODF," kata Aron


Lebih lanjut dia mengatakan, saat ini yang perlu jadi perhatian bersama adalah kecamatan Sekadau hulu. Sebab beberapa tahun terakhir kecamatan Sekadau belum ada desa yang melaksanakan ODF.


Masih dikatakan Bupati ia juga mengucapkan terimakasih kepada dinas provinsi Kalimantan Barat yang telah mensupport selama ini.


Menurut dia, STBM memang perlu karena lingkungan tidak sehat akan berdampak kepada warga yang tingal didalamnya. 


"Faktor kesehatan lingkungan sangat menentukan kesehatan anak-anak kita," kata Aron.


Lebih lanjut mantan anggota DPRD provinsi Kalimantan Barat ini mengatakan, yang jadi pekerja rumah kita saat ini adalah mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk menghadapi segala kemungkinan yang terjadi diantaranya adalah era perdagangan bebas Asia, dimana saat ini banyak kita temukan produk dari China sudah beredar bebas, hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi kita bahwa dunia sudah menuntut kita untuk terus bergerak maju.


"Ayo kita berpikir bersama bagaimana masyarakat Sekadau bisa maju,mulai sekarang kita harus bergerak maju, jangan bergerak mundur," ajaknya.


Kini lanjut dia, pemerintah sudah memenuhi janji kampanye yakni pemerintah daerah telah bekerja keras untuk membangun infrastruktur, kini progres infrastruktur sudah berjalan dengan baik, sedangkan untuk bidang perkebunan pemerintah sudah memberikan bibit kelapa Sawit,sejak dua tahun ini sebanyak 700 ribu pokok.


"Artinya komitmen pemerintah tetap berjalan meskipun secara bertahap," Aron.


Sementara itu Amir M Pasaribu perwakilan dari dinas kesehatan provinsi Kalimantan Barat, dalam sambutannya mengatakan, bahwa dirinya sangat mengapresiasi sekali upaya yang dilakukan oleh pemerintah daerah kabupaten terkait ODF Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dengan tiga filar. Hal ini sangat memotivasi agar kecamatan lain bisa mengikuti jejak kecamatan Nanga Taman. Hal ini tidak terlepas dari peran masyarakat dan pihak lain sebagai motor sehingga terlaksananya ODF kecamatan.


"Saya berharap kegiatan ini tidak hanya sampai di sini masih ada dua filar lagi yakni pengolahan limbah dan lainya," ucapnya.


Sementara itu camat Nanga Taman Gunawan mengatakan, kerja keras semua pihak sudah menunjukan hasil di antaranya adalah Hinga terjadinya ODF kecamatan Nanga Taman pada hari ini.


"Terimakasih kepada semua pihak, baik itu pejabat lama serta semua pihak yang ikut langsung terlibat sampai terjadinya ODF kecamatan," ucapnya.


Sementara itu Marianus Sebastian Rengga Menejer Wahana Visi Indonesia Area Sekadau mengatakan bahwa pihak sudah banyak melakukan intervensi di bebagai aspek dibeberapa desa di kecamatan Nanga Taman.


Hal ini berkat dukungan dari pemerintah daerah kabupaten Sekadau.


"Pihaknya sudah intervensi di berbagai aspek sehingga ODF bisa kita laksanakan hari ini," ucapnya.


Hadir pada kegiatan tersebut, perwakilan dari Polres Sekadau, perwakilan dari Dandim 1204 Sanggau-Sekadau, ketua TP.PKK Ny, Magdalena Susilawati Aron SP, seluruh kepala SKPD dilingkungan pemerintah daerah kabupaten Sekadau,camat Sekadau hulu, camat Nanga Mahap kepala desa se-kecamatan Nanga Taman, BPD se-kecamatan Nanga Taman para tokoh masyarakat serta beberapa tokoh pemuda se-kecamatan Nanga Taman.(sy)

×
Berita Terbaru Update