Notification

×

TK

TK

Wabup

Wabup

Sintang 1

Sintang 1

Mimmi Luna, Wisatawan Asal Swedia Hadiri PGD XII Sekadau, Berikut Ucapannya

Kamis, 20 Juli 2023 | 18.28.00 WIB Last Updated 2023-07-20T11:28:17Z

 


SEKADAU, TRANSKAPUAS.COM - Pakan Gawai Dayak (PGD) ke XII kabupaten Sekadau dihadiri wisatawan mancanegara asal Swedia. 


Awak media transkapuas.com sempat mewawancarai beliau, Kamis (20/7/2023) di salah satu stant komplek rumah betang youth center Sekadau. 


Berikut hasil wawancara dengan wisatawan mancanegara tersebut yang bernama Mimmi Luna. 


Apa komentar anda tentang Gawai ini?


"Woo saya sangat senang bisa berada di Sekadau, orang Sekadau tampaknya semuanya senang dengan saya, berfoto senyumnya luar biasa. Itu sungguh menyenangkan dan saya sangat bangga bisa hadir melihat sebuah kebudayaan yang berbeda dari Negara saya, Swedia dan saya merasa diterima dengan baik oleh semuanya," ucapnya. 


"Malam pertama saya disuguhkan dengan tuak, sungguh sebuah penerimaan yang luar biasa, karena saya punya kawan pak Nico yang kenal dengan saya agustus tahun 2022 saat gawai di Balai Karangan, pak Nico dan panitia undang saya untuk hadir dan luar biasa..Kebudayaannya sungguh luar biasa,berbeda dengan kami di Swedia," tambahnya. 


Tahun depan, rencana gawai akan diadakan akhir bulan sekitar tanggal 25 Juli. Apakah anda bersedia datang lagi?


"Oh itu tentu sebuah program yang bagus, karena saya sudah kenal dengan sekadau, dan nanti saya akan usahakan hadir bersama kawan-kawan lain dan nanti kalo sudah tahu dari sekarang, tahun ini saya akan pindah ke Australia, jadi saya lebih dekat kalau ada gawai tahun depan bisa saya datang lagi," jawab Mimmi Luna.


Bagaimana Anda lihat kaum muda Dayak selama anda lihat gawai dari pembukaan kemarin?


"Mereka saya kira sangat sopan semuanya dan saya kira itu ciri-ciri anak muda yang bagus dan perlu diteruskan nantinya," katanya. 


Pak Medan, anda kan orang Dayak Iban dari Kuching Malaysia. Apa komentar anda tentang Gawai di sekadau ini?


"Wah..ini memang luar biasa, saya orang Dayak juga, tetapi saya baru pertama kali melihat orang dayak berkumpul dengan seni yang luar biasa, yang datang dari berbagai wilayah. Ini baru pertama kali saya lihat orang Dayak sebanyak ini, luar biasa," jawab pak Medan teman Mimmi Luna asal Khucing Malaysia. (Sy) 


×
Berita Terbaru Update