Notification

×

Desa Nanga Lebang Juara Region Kalimantan Lomba SDGs Desa

Kamis, 13 Juli 2023 | 05.43.00 WIB Last Updated 2023-07-12T22:43:15Z

 


Sintang,transkapuas.com - Tujuan diselenggarakannya lomba SDGs Desa adalah memberi apresiasi kepada Desa yang telah menunjukkan upaya mendukung capaian SDGs Desa melalui Pendataan SDGs Desa.


Lomba SDGs Desa menggunakan dasar penilaian hasil pengelolaan pendataan SDGs Desa diharapkan meningkatkan capaian SDGs Desa dan menjadi semangat Desa melakulan pemutakhiran data SDGs Desa.


Setelah melalui proses seleksi panjang yaitu tahap 1 sampai tahap 4, Desa Nanga Lebang, berhasil masuk dalam Nominasi 7 besar Nasional mewakili Zona Kalimantan, Kamis (13/7/2023).


Berdasarkan hasil seleksi Lomba SDGs Desa tahap 4 (Pemenang Tingkat Region), Desa Nanga Lebang terpilih sebagai Pemenang Tingkat Region Kalimantan, sesuai pengumuman dari PUSDATIN Kemendesa PDTT RI Nomor : 153/BPI.03.03/VII/2023.


Pemenang Lomba SDGs Desa tahap 4 (tingkat region) terdiri atas 7 Desa (region Sumatra, Jawa-Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua).


Tahap selanjutnya adalah tahap verifikasi lapangan untuk menentukan 3 Desa sebagai Pemenang Nasional dalam Lomba SDGs Desa Tahun 2023.


Kegiatan Tim Verifikasi Lomba SDGs Desa PUSDATIN Kemendesa RI dalam rangka melakukan verifikasi berkas Desa Nanga Lebang secara umum terbagi kedalam beberapa kelompok


Tim supervisi yang turun kelapangan bertujuan melakukan observasi dan pengamatan serta melakukan wawancara kepada tokoh masyarakat, kepala SD, SLTP, Guru PAUD dan Kepala Puskesmas sekaligus pemeriksaan kegiatan pembangunan dan pemberdayaan di lapangan yang dibiayai dari Dana Desa (DD).


Tim verifikasi kelengkapan administrasi pendataan SDGs Desa, SK dan Perdes/perkades sebagai dasar legalitas kegiatan di Desa, kemudian wawancara kepada Tim Eliminator Desa dan kunjungan kepada masyarakat sebagai sasran dalam pendataan.


Turut hadir dalam kegiatan Verifikasi Lomba SDGs Desa di Desa Nanga Lebang, yaitu Tim Verifikasi dari PUSDATIN KEMENDES RI, Wakil Bupati Sintang, Asisten I (Yasser Arafat), Kepala DPMD, Kadis Kesehatan dan, Camat Kelam Permai.


Hadir juga Tenaga Pendamping Profesional (Korkab, TA, Korcam, PD dan PLD), Kepala Desa Nanga Lebang, BPD, Tokoh Masyarakat Desa Nanga Lebang serta para tamu undangan.


Acara pembukaan kegiatan Verifikasi Lomba SDGs Desa PUSDATIN Kemendesa PDTT RI, dilaksanakan di Gedung Balai Baum Desa Nanga Lebang, tanggal 11/07/2023, pukul 10.30 Wib sampai selesai.


Prosesi penyambutan Tim Verifikasi SDGs Desa, Wakil Bupati Sintang serta rombongan dilakukan dengan pemotongan ompong dan pengalungan syal.


"Saya berharap Desa Nanga Lebang dapat menang dengan meraih nilai tertinggi, sudah melakukan yang terbaik dan bekerja maksimal sesuai kemampuam Tim Eliminator Desa Nanga Lebang", terang Sabarudin, Kepala Desa Nanga Lebang.


Sabarudin, menerangkan "Ketika penyebaran kuisioner (pendataan), kita dihadapkan dengak banyak kendala, seperti wabah Virus Covid-19 dan Bencana Banjir Tahun 2020, dimana hampir 60% warga kita di Nanga Lebang terdampak banjir".


"Transportasi darat menuju pusat Kabupaten cukup sulit, harus menyebrang sungai Kapuas karena tidak memiliki Jembatan, sehingga kami sangat berharap ada perhatian pemerintah pusat, khususnya Kemendesa PDTT RI, wilayah desa kami tidak mendapat signal telepon dan kita disini kekurangan sumber air bersih", pungkas Sabarudin.


Menariknya, Desa Nanga Lebang, Kecamatan Kelam Permai ternyata memiliki Pendapat Asli Desa (PADes) bersumber dari Bumdes yang bergerak di bidang jasa transportasi sungai. (Ed/TIM).


Reporter : K. Robenson

×
Berita Terbaru Update