Notification

×

Selamat datang presiden RI

Selamat datang presiden RI

Ini Pesan Kartiyus Usai Dilantik Menjadi Sekda Sintang

Senin, 08 Mei 2023 | 17.28.00 WIB Last Updated 2023-05-08T10:28:13Z


Sintang,transkapuas.com - Kartiyus Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Sintang resmi dilantik oleh Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M. Med. PH menjadi Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang pada Senin, 8 Mei 2023 di Pendopo Bupati Sintang.


Kartiyus Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang menyampaikan sudah menjadi aparatur sipil Negara sejak 1993 yang lalu  dan sudah 30 tahun berkarya di Pemkab Sintang.


“Saya sudah menjabat di eselon II b sudah 16 tahun. Dan diantara kepala OPD yang ada di Pemkab Sintang, sayalah yang paling senior dan paling lama menjadi kepala OPD yakni 16 tahun. Saya merasa sangat pantas menjabat sekda karena memiliki track record 5 kali dilantik di eselon IIb. Dan saat ini mencapai karir tertinggi di daerah”, terang Kartiyus Sekda Sintang.


“Dengan dilantik hari ini, maka saya akan menjadi Sekda Sintang selama 7 tahun. Mungkin kepala OPD yang sekarang, tidak bisa lagi ikut seleksi sekda. Tetapi pejabat eselon III bisa siap-siap nanti. Saya mohon dukungan dari pimpinan OPD dan semua jajaran Pemkab Sintang”,  terang Kartiyus Sekda Sintang.


“Tugas Sekda itu bukan menyenangkan semua orang, tetapi membantu Bupati Sintang mencapai visi dan misi didalam RPJMD dan itu harus dilakukan gotong royong dan bersama-sama”, tegas Kartiyus Sekda Sintang.


“Saat seleksi sekda kemarin, saya menawarkan inovasi yakni Sintang Collaborative Governance artinya pemerintahan yang berkolaborasi dengan banyak aktor penting seperti pemerintahan, swasta atau investor, masyarakat dan NGO yang saat ini ada 42 NGO, para akademisi dan media massa. Collaborative Governance nanti akan bisa dikembangkan menjadi Penta Helix Governance”, terang Kartiyus Sekda Sintang.


“Penta Helix Governance ini artinya pengelolaan pemerintahan dengan melibatkan banyak aktor. Saya menyadari, membangun daerah ini, tidak mungkin bisa dilakukan sendiri melalui APBD. APBD kita itu semakin tahun semakin tertekan dengan banyak kebutuhan, sementara tuntutan masyarakat semakin banyak. Maka harus berkolaborasi dengan banyak pihak”, terang Kartiyus Sekda Sintang.


“Sintang Collaborative Governance ini nanti kita perkuat untuk mencapai visi dan misi Bupati Sintang dan Wakil Bupati Sintang. Saya akan kumpulkan pimpinan OPD untuk melaksanakan prinsip Sintang Collaborative Governance ini. Saya siap menerima saran dan masukan dari banyak pihak dalam menjalankan tugas sebagai Sekda Sintang. Ke depan kita akan perkuat Monitoring Centre for Prevention dari Komisi Pemberantasan Korupsi, reformasi birokrasi, dan sistem pemerintahan berbasis elektronik. Itu semua untuk meningkatkan indeks kinerja utama pada visi dan misi Bupati Sintang”, terang Sekda Sintang.


“Saya juga akan sowan ke orangtua dan tokoh di Kabupaten Sintang untuk mendapatkan dukungan dari orangtua dan tokoh-tokoh yang ada di Kabupaten Sintang” terang Sekda Sintang.


Info Pemda Sintang

Reporter : K. Robenson

×
Berita Terbaru Update