Notification

×

GD SKD TK

GD SKD TK

Pertemuan Seluruh Ketua Kelompok Tani Desa Sepan Lebang

Selasa, 09 Mei 2023 | 15.34.00 WIB Last Updated 2023-05-09T08:34:32Z

 


Sintang,transkapuas.com - Kelompok Tani merupakan suatu wadah bagi para petani/peternak untuk berkumpul, bertukar pikiran, dan bekerjasama dalam mengembangkan usaha tani di desa.

Kelompok Tani dibentuk berdasarkan surat keputusan Kepala Desa, guna meningkatkan sektor pertanian desa melalui swadaya masyarakat.


Di desa Sepan Lebang Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang sendiri terdapat 9 (sembilan) kelompok tani, Kelompok tani ini dibuat dan dikembangkan oleh masyarakat sesuai dengan minat dan tujuan bersama dalam mengembangkan usahanya masing-masing.


Dalam pertemuan yang dilaksanakan di kantor Desa Sepan Lebang dihadiri oleh seluruh Ketua Kelompok Tani yang ada yaitu 9 orang yang mewakili kelompoknya masing-masing pada Selasa, (9/5/2023).


Hadir dalam pertemuan tersebut Kepala Desa Sepan Lebang Yulius Slamet,dan beberapa staf desa Sepan Lebang.


Pertemuan tersebut membahas terkait pengajuan bibit kelapa sawit ke pemerintah pusat yang akan disalurkan untuk anggota kelompok Tani yang ada di Desa Sepan Lebang serta pembentukan pengurus Gapoktan. Menurut Kepala Desa Sepan Lebang Yulius Slamet Pertemuan tersebut untuk membahas rencana penyaluran bibit kelapa sawit ke anggota kelompok Tani serta pembentukan pengurus Gapoktan.


"Saya mengundang Bapak/Ibu khususnya Ketua Kelompok Tani yang ada di Desa Sepan Lebang untuk melanjutkan pembahasan yang kita lakukan pada malam lalu", jelas Kades.


"Hari ini juga kita akan membentuk kepengurusan Gapoktan,dan pengurus Gapoktan tersebut harus berasal dari anggota Kelompok Tani dan tidak bisa yang menjadi Ketua Gapoktan tersebut adalah Ketua Kelompok Tani", jelas Kades panjang lebar.


Ketua Kelompok Tani Mekar Jaya K. Robenson mengajukan salah satu anggotanya untuk dijadikan sebagai kepengurusan Gapoktan.


"Ijin mengajukan, kalau bisa saya mengajukan anggota dari kelompok Tani Mekar Jaya sebagai kepengurusan di Gapoktan yaitu Donatus Igun Yono", terang K. Robenson.


Semua Ketua Kelompok Tani masing-masing mengajukan anggotanya untuk dijadikan kepengurusan Gapoktan. Hasil dari pertemuan tersebut menghasilkan 3 orang kepengurusan Gapoktan diantaranya Ketua, Sekretaris dan Bendahara. Berdasarkan kesepakatan bersama dari 9 Kelompok Tani yang ada di Desa Sepan Lebang maka Donatus Igun Yono yang berasal dari anggota Kelompok Tani Mekar Jaya terpilih sebagai Ketua Gapoktan, sekretaris yaitu Sutanto dan Bendahara Oglerius Ali.


Kelompok tani adalah kumpulan petani/peternak/pekebun yang dibentuk atas dasar kesamaan kondisi lingkungan dan keakraban untuk peningkatan pengembangan usaha. Kelompok tani sebagai pelaku utama menjadi salah satu kelembagaan pertanian yang berperan penting dan menjadi ujung tombak dalam pembangunan pertanian.


Reporter : K. Robenson

×
Berita Terbaru Update