Notification

×

Selamat datang presiden RI

Selamat datang presiden RI

Korban Bencana Angin Puting Beliung Desa Binjai Hulu

Selasa, 30 Agustus 2022 | 23.39.00 WIB Last Updated 2022-08-30T16:39:56Z


Sintang , transkapuas.com - Angin puting beliung yang diperkirakan terjadi sekitar  pukul.02.00 dini hari Selasa,30/08/2022  di Desa Binjai Hulu Kecamatan Binjai Hulu yang telah menyapu pemukiman  rumah masyarakat dan beberapa prasarana pendidikan dan tempat ibadah berdasarkan data ada sebanyak 34 yang terdampak bencana angin puting beliung yaitu Gereja 1 buah, KUD 1, sarana sekolah Dasar 1, SMP 1, 30 rumah warga dengan kerugian diperkirakan sekitar  puluhan juta rupiah namun tidak ada korban jiwa dalam musibah ini.

Wakil Bupati Sintang Melkianus mengatakan, dengan kejadian bencana puting beliung yang terjadi  ini Pemerintah Kabupaten Sintang sangat peduli dan merespon cepat turun kelapangan melihat secara langsung bersama Tim Dinas Sosial, BPBD, Satpol PP, serta beberapa awak media. Dan langkah awal respon yang dilakukan saat ini dengan memberikan paket sembako kepada beberapa kepala keluarga terdampak bencana angin puting beliung.

Dan kepada masyarakat yang terdampak bencana angin puting beliung ini  diharapkan bersabar Pemerintah Kabupaten Sintang akan tetap membantu sesuai dengan kemampuan yang ada," harap Wakil Bupati Sintang Melkianus.  

Menanggapi masalah ini Kapala Dinas Sosial Kabupaten Sintang, Dra.Setina, M.Si mengatakan, pihaknya dalam menyikapi bencana angin puting beliung yang terjadi do Desa Binjai Hulu ini,  untuk memperpendek jarak sudah dipersiapkan lumbung sosial yang sudah dibangun dimasing-masing Kecamatan dan  sudah ada stok berupa barang  paket sembako  serta barang kebutuhan lainnya.

"Jadi begitu terjadi bencana seperti yang terjadi ini pihak Kecamatan secara langsung  sudah merespon cepat memberikan  bantuan jadi  tidak harus menunggu kami dari Dinas Sosial Kabupaten Sintang. Jadi tadi ini dari Kecamatan sudah mempersiapkan begitu kami datang tinggal membagikan kepada masyarakat yang terdampak angin puting beliung "jelas Setina.

Sementara itu Kepala BPBD Kabupaten Sintang, Ir. Bernhad Saragih, MM, mengungkapkan  bahwa sejak Jumat,26/08/2022 pihaknya sudah melakukan sosialisasi melalui media massa bahwa saat ini  kita harus waspada  dan ditetapkan  Kabupaten Sintang kondisi tanggap darurat bencana banjir, angin puting beliung dan tanah longsor yang kita waspadai. 

"Dalam dalam 2 minggu sebelumnya  BPBD Kabupaten Sintang  juga sudah melakukan sosialisasi  siaga melalui Camat dan kepala desa agar mewaspadai 4 kejadian yaitu kemungkinan peningkatan air di bantaran sungai, angin puting beliung, tanah longsor serta waspada  kemungkinan terjadinya banjir bandang di seluruh kecamatan sehingga apabila terjadi bencana diharapkan secepatnya memberikan informasi dan berkomunikasi dengan pihaknya" tegas Kepala BPBD Kabupaten Sintang Ir. Bernhad Saragih, MM.

 Berdasarkan informasi BPBD Kabupaten Sintang saat ini ada sebanyak 20  jembatan  di wilayah Kabupaten Sintang berdampak banjir, namun sejauh ini juga diharapkan tidak  ada korban jiwa.

Info Pemda Sintang.

Reporter:K.Robenson.

×
Berita Terbaru Update