KSP CU Nyai Anta Menggelar RAT TB 2021 Di Sekadau Hulu

Foto: Kepala Bidang (Kabid) Kelembagaan dan Pengawasan Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Sekadau Yulita Oktavia, Membuka RAT KSP CU Nyai Anta


SEKADAU, transkapuas.com - KSP CU Nyai Anta menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku (TB) 2021 dengan tema 'Memperkuat Sumber Daya Manusia dan Optimalisasi Digital' yang digelar di Mega Tenda Santo Gabriel Paroki Rawak kecamatan Sekadau Hulu, Sabtu (19/2/2022). 

RAT KSP CU Nyai Anta ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat dan peserta diwajibkan mematuhi protokol kesehatan. 

Ketua Panitia RAT, Elis Suhendra mengatakan tujuan RAT ini adalah sebagai tugas dan tanggung jawab lembaga terhadap anggota dan pemerintah. 

"Tujuan utama kegiatan RAT ini adalah sebagai tugas dan tanggung jawab lembaga terhadap anggota dan pemerintah. Disisi lain juga RAT ini bertujuan untuk memberikan kesempatan yang baik kepada seluruh elemen anggota CU untuk bertemu, berdiskusi, melaporkan perkembangan CU dan menyatukan langkah bersama baik dari unsur Pengurus, Pengawas, Manajemen, Anggota maupun para mitra dan pemerintah untuk mendukung dan menuntun perkembangan CU, khususnya CU Nyai Anta dari waktu ke waktu," kata Elis. 

Manager KSP CU Nyai Anta Anselmus Herman, ST, dalam sambutannya menyampaikan Tahun Buku 2021, KSP CU Nyai Anta sudah memiliki beberapa program kerja seperti disektor pertanian dan peternakan. 

"Tahun Buku 2021, KSP CU Nyai Anta memiliki beberapa program kerja, terutana dalam hal pendampingan usaha anggota untuk meningkatkan pinjaman produtif dan membuat penghasilan alternatif anggota. Sebagai langkah inisiasi, Ada 4 Kelompok SHG dan 2 (dua) Usaha Individu Peternakan Ayam Petelur, 4 (empat) kelompok dan 1 (satu) SHI Petani Jagung Hibrida, sebagai percontohan tersebar di 4 (Empa) Tempat Pelayanan. Hal ini dimakudkan untuk menjadi laboratorium dan pembelajaran bagi anggota yang memang dan bemiat mengembangkan usaha di sektor peternakan dan pertanian. Mulai dari kebutuhan, keuangan Anggota, pendampingan usaha hingga proses pemasaran dan penjualan hasil usaha melalui koperasi Konsumen Viva Mandiri Utama. Bahkan atas bimbingan dari bagian Social Performance Management (SPM) Puskop (Credit Khatulistiwa), hasil jangung Hibrida sudah diolah menjadi pakan untuk memenuhi kebutahan petenak ayam petelur. Kedepan hal ini terus dikembangkan, dan menjadi peluanga bagi anggota untuk bertani jagung hibrida dan peternak ayam petelur," ucap Anselmus.


"Tahun ini, periode kepengurusan dan pengawas berganti. Kita seluruh anggota peserta RAT akan memilih para calon pengurus pengawas yang baru. Para calon adalah para anggota perwakilan tempat dari tujuh Tempat Pelayaran. Mereka berproses melaluli pencalonan dan pembekalan beberapa tahap," tambah Anselmus. 

Sementara itu, ketua Dewan Pengurus KSP CU Nyai Anta Drs. Stefanus, MM dalam kesempatan yang sam menyampaikan secara garis besar CU Nyai Anta mendorong anggota kepada hal yang lebih maju, baik manajemen maupun anggota. 

"Sesuai dengan tema, secara garis besar ingin mendorong kita, supaya mendorong kita masing-masing kepada hal yang lebih maju, baik manajemen maupun anggota. 

"Sebagai anggota, walaupun sebagai anggota sebagai petani, kita jangan sebagai petani yang biasa-biasa saja, maka kami harapkan kita semua bisa menjadi petani yang lebih baik," tambahnya. 

Dalam kesempatan yang sama, Camat Sekadau Hulu Aloysius Ashari, dalam kesempatan tersebut mengucapkan terimakasih karena CU Nyai Anta memilih Kecamatan Sekadau Hulu sebagai tuan rumah RAT CU Nyai Anta. 

"Saya mengucapkan terimakasih kapada CU Nyai Anta yang memilih kecamatan Sekadau Hulu menjadi tuan rumah RAT TB 2021 ini, kami sangat mendukung Kegiatan-kegiatan seperti ini," kata Camat Sekadau Hulu. 

"Saya berharap melalui RAT ini, saya berharap CU Nyai Anta ini tetap eksis dan berkembang dan pesat dikalangan masyarakat," tutup Aloysius. 


Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Kelembagaan dan Pengawasan Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Sekadau Yulita Oktavia, menyampaikan RAT adalah kewajiban yang harus dilakukan oleh semua koperasi. 

"RAT ini menjadi kewajiban yang wajib dilakukan oleh suatu Koperasi, termasuk juga CU Nyai Anta Ini. Semoga CU Nyai Anta selalu eksis dan berkembang sepanjang masa," kata Yulita Oktavia. 

"Dari jumlah koperasi 22 koperasi simpan pinjam yang terdata di kabupaten Sekadau, sampai hari ini (19 Februari 2022), CU Nyai Anta merupakan koperasi yang ke tiga melakukan RAT, dan masih ada 19 koperasi lagi yang akan melakukan RAT," lanjut  Yulita.

Selesai Menyampaikan kata sambutannya, Yulita Oktavia secara resmi membuka kegiatan RAT KSP CU Nyai Anta TB 2021. (Sy) 

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama