Puluhan Ternk Babi Mati, Diduga Terkena Virus

Yuliana Siti, SP - Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Desa Sepan Lebang Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang

SINTANG, TRANSKAPUAS.COM -Penyakit demam babi diduga menyebar di sejumlah wilayah di Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang Kalimantan Barat,terutama yang terjadi di Dusun Beririk Desa Sepan Lebang, Kamis(23/12/2021).

Berdasarkan dari laporkan salah satu warga masyarakat  Dusun Beririk Desa Sepan Lebang, Fransiskus Sinyangkong bahwa ternak miliknya sakit hingga mati.

"Punya saya ada 6 ekor ternak babi 5 ekor diantara masih anakan, tiba-tiba sakit bahkan ada yang langsung mati" jelasnya

Fransiskus Sinyangkong juga mengatakan bahwa milik orang tuanya ada 5 ekor juga demikian.

Terkait hal tersebut Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Desa Sepan Lebang Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang Yuliana Siti,SP saat dihubungi melalui media kami menghimbau warga untuk tidak melakukan impor ternak babi dari daerah terjangkit penyakit ternak, termasuk bagi warga yang masih memiliki ternak babi untuk tidak masuk kedalam kandang ternak babi tersebut.


Hal itu dilakukan sebagai salah satu langkah pencegahan penyebaran virus yang terindikasi menjadi penyebab matinya puluhan ternak di sejumlah desa di Kecamatan Kelam Permai.

"Kita imbau, warga tidak imfor ternak babi dari luar daerah, bahkan untuk di kecamatan Kelam Permai sudah ada 4 desa yang terdata yang saya ketahui diantaranya Desa Sepan Lebang, Desa Pelimping, Desa Kebong dan Desa Merpak" jelasnya panjang lebar.

Yuliana Siti,SP yang juga Penyuluhan Pertanian Lapangan (PPL) Desa Sepan Lebang Kecamatan Kelam Permai juga menyarankan agar warga tidak masuk ke kandang ternak babi tersebut.

"Usahakan bagi warga untuk tidak masuk ke kandang ternak babi yang masih hidup, karena kita tidak tau apakah ternak babi tersebut ada penyakit virus ASF(African Swine Fever)" tambah PPL.

Saat ditanya apakah ada vaksinasi untuk ternak babi yang masih hidup, Yuliana Siti mengatakan penyakit ternak babi atau virus ASF tersebut belum ada obat sama vaksin nya, untuk itu cara mencegahnya harus dilakukan dengan beberapa hal.

"Cara mencegahnya harus dilakukan diantaranya: Tempat Pakan Yang Baik, Penanganan Pakan Yang Baik,dan Tidak Memberikan Pakan Sisa"terangnya lagi.

African Swine Fever (ASF) adalah penyakit pada ternak babi yang sangat menular dan dapat menyebabkan kematian pada babi.



Reporter: K. Robenson

Editor: Surya

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama