Notification

×

Selamat datang presiden RI

Selamat datang presiden RI

Pengamanan Natal dan Tahun Baru, Polres Sekadau Gelar Operasi Lilin Kapuas 2021

Kamis, 23 Desember 2021 | 09.48.00 WIB Last Updated 2021-12-23T02:48:59Z


Aron, SH. Bupati Kabupaten Sekadau


SEKADAU, TRANSKAPUAS.COM - Polres Sekadau melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Lilin Kapuas 2021 sebagai bentuk kesiapan pengamanan Natal dan tahun baru dari aspek personel, sarana serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda dan mitra kamtibmas lainnya.

Apel gelar pasukan berlangsung di halaman Mapolres Sekadau diikuti gabungan TNI-Polri, Dishub, Dinkes, Sat Pol PP, BPBD dan RAPI wilayah 13 Sekadau, Kamis 24 Desember 2021.

Membacakan amanat Kapolri, Bupati Sekadau Aron selaku Irup mengatakan bahwa peringatan Natal dan tahun baru melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun akan meningkatkan aktivitas pada pusat keramaian.

Operasi Lilin Kapuas 2021 yang dimulai tanggal 24 Desember 2021-2 Januari 2022 merupakan upaya mencegah potensi  gangguan kamtibmas dan kamseltibcarlantas serta pelanggaran protokol kesehatan selama Nataru.

Operasi Lilin Kapuas 2021 mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif, humanis, penegakan hukum secara tegas dan profesional dengan menerapkan prokes guna mencegah penyebaran Covid-19 sehingga perayaan Natal dan tahun baru berlangsung aman dan nyaman.

Bupati menyampaikan, pengamanan tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa sehingga muncul under estimate dan kurang waspada terhadap perkembangan masyarakat. Terlebih dimasa pandemi, harus lebih peduli jangan sampai perayaan Natal dan tahun baru menimbulkan klaster baru penyebaran Covid-19.


Berdasarkan mapping kerawanan, ada beberapa prediksi kerawanan yang harus diantisipasi yakni terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase, pengrusakan fasilitas umum, aksi kriminalitas seperti curat, curas, curanmor, tawuran, balap liar, laka lantas, maupun banjir dan tanah longsor sebagai dampak dari musim penghujan.

Seluruh pihak terkait diharapkan mampu menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan aplikatif serta bertindak efektif dan efisien dalam mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada sesuai karakteristik kerawanan daerah masing-masing.

Untuk mendukung keberhasilan dalam pelaksanaan operasi, seluruh pihak yang terlibat agar menyiapkan fisik, mental dan kesehatan. Niatkan setiap tugas sebagai ibadah kepada tuhan Yang Maha Esa. 

Selain itu, tingkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam pengamanan, mengantisipasi terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum perayaan Natal dan tahun baru.

Serta mantapkan kerjasama, sinergi dan soliditas demi keberhasilan pelaksanaan operasi dan tetap menjadi teladan bagi keluarga, rekan dan masyarakat dalam penerapan prokes untuk mencegah penyebaran pandemi.


Sumber : Humas Polres Sekadau

×
Berita Terbaru Update