Notification

×

Iklan DPRD Sekadau, Hari Buruh

Iklan DPRD Sekadau, Hari Buruh

Aron Buka Resmi Festival Budaya Melayu Kabupaten Sekadau Tahun 2023

Selasa, 21 November 2023 | 23.27.00 WIB Last Updated 2023-11-21T16:56:14Z

Sekadau, transkapuas.com - Bupati Sekadau, Aron didampingi Ny. Magdalena Susilawati Aron beserta tamu undangan membuka kegiatan festival budaya Melayu kabupaten Sekadau tahun 2023 di lapangan EJ Lantu, Selasa (21/11/2023) malam.


Kedatangan Bupati Sekadau beserta rombongan disambut dengan tarian adat Melayu 'Tepung Tawar'. Kegiatan festival budaya Melayu ini berlangsung dari tanggal 21 sampai dengan 25 November 2023, dengan mengangkat tema 'Mencapai Cita - Cita Memperteguh Marwah, Sukseskan Tahun Kunjungan Wisata Kabupaten Sekadau'.


Ketua panitia festival budaya Melayu kabupaten Sekadau tahun 2023, Rusmin Nuryadin dalam sambutannya menyampaikan festival budaya Melayu ini merupakan gelaran seni budaya Melayu yang rutinitas dilaksanakan.


"Festival budaya Melayu ini merupakan gelaran budaya seni budaya Melayu yang rutinitas dilaksanakan, karena pandemi covid-19, makanya baru tahun ini kita adakan kembali," kata Rusmin Nuryadin.


"Ada 13 jenis perlombaan yang diperlombakan dalam festival budaya Melayu tahun 2023 ini, yaitu: Tangkai Jepin Melayu, tangkai Syair Melayu, tangkai Hadrah, Tangkai Bertutur/Bercerita, Tangkai Berbalas Pantun, Tangkai Dendang Melayu, Tangkai Rias Pengantin Melayu, tangkai Merancang Motif Melayu, Stand Pameran, Tangkai Peragaan Busana Melayu Anak-anak, Tangkai Silat Melayu, tangkai Pangkak Gasing dan tangkai Sampan Bidar," tambah Rusmin Nuryadin.


Rusmin Nuryadin juga mengatakan peserta yang mengikuti festival budaya Melayu kabupaten Sekadau tahun 2023 adalah perwakilan dari 7 kecamatan yang ada di kabupaten Sekadau.


"Adapun peserta yang mengikuti festival budaya Melayu kabupaten Sekadau tahun 2023 adalah perwakilan dari 7 kecamatan yang ada di kabupaten Sekadau," ucap Rusmin Nuryadin.


Pada kesempatan yang sama, bupati Sekadau menyampaikan festival budaya Melayu ini diharapkan dapat dilaksanakan dengan baik.


"Melalui festival budaya Melayu ini, diharapkan dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, dan seluruh peserta yang mengikuti festival dari tiap-tiap kecamatan agar berperan aktif secara maksimal dengan mengikuti seluruh rangkaian perlombaan agar bermanfaat bagi MABM kabupaten Sekadau," ucap Aron.


"Hasil festival tingkat kabupaten ini diharapkan bisa menjadi motivasi untuk mengikuti festival ditingkat provinsi," tambah Aron.


Pemerintah daerah kabupaten Sekadau ikut mendukung program kerja yang diemban oleh MABM kabupaten Sekadau demi terwujudnya masyarakat Melayu kabupaten Sekadau yang berbudaya dan bermartabat.


"Semoga festival ini dapat menghasilkan hal-hal yang bermanfaat untuk meningkatkan kinerja MABM dimasa yang akan datang," ucap Aron.


"Pemerintah daerah kabupaten Sekadau melalui anggaran APBD kabupaten Sekadau Tahun 2023 ini, kita telah membangun rumah Melayu Kabupaten Sekadau yang menjadi idaman masyarakat Melayu, semoga di tahun 2024 nanti bisa kita resmikan, sehingga festival-festival seperti ini tidak lagi diadakan di tempat terbuka seperti ini, dan bisa kita laksanakan di rumah Melayu kabupaten Sekadau," pungkasnya.


Selanjutnya bupati Sekadau membuka secara langsung festival budaya Melayu kabupaten Sekadau tahun 2023 dan foto bersama. (Sy)


×
Berita Terbaru Update