Notification

×

Iklan DPRD Sekadau, Hari Buruh

Iklan DPRD Sekadau, Hari Buruh

Bupati Sekadau, Buka Resmi Acara EKM Ke VII di Stasi Amak

Sabtu, 14 Oktober 2023 | 16.50.00 WIB Last Updated 2023-10-14T09:50:31Z


Sekadau, transkapuas.com - Ratusan Peserta Ekaristi Kaum Muda (EKM) Ke - VII Paroki St Petrus dan Paulus Sekadau. Bertempat di St. Paulus dari Stasi Amak, Desa Sungai Kunyit, Kecamatan Sekadau Hilir pada hari Sabtu, 14 Oktober 2023.


EKM yang ketujuh ini mengusung tema "Orang Muda Masa Depan Gereja". Kegiatan berlangsung selama 2 hari di Dusun Amak, 14 - 15 Oktober 2023. Jumlah peserta 525 orang muda Katolik (OMK) dari 21 stasi dan 1 Pusat Paroki St Petrus dan Paulus Sekadau.


Kesempatan sama, Ketua OMK Santo Petrus dan Paulus Sekadau, Irwindi pengadaan EKM di Stasi Amak ini kelima. Pelaksanaan satu tahun 2 kali, yakni pada bulan Mei dan Oktober.


"EKM tidak sekedar sehari, tetapi dua hari. Yang mana berisi materi atau seminar untuk pengembangan iman, bakat dan kreativitas OMK." ungkapnya.


Pastor Paroki, Martinus CP menyampaikan, tujuan kegiatan untuk mengakrabkan orang-orang muda se-Paroki, supaya lebih saling mengenal satu sama lain, juga meningkatkan dan memperteguh iman kepada Tuhan.


Bupati Sekadau, Aron, S.H. membuka kegiatan EKM di Stasi Amak sekaligus memberi arahan kepada kaum muda


"Kami dari pemerintah daerah mengucapkan selamat kepada OMK yang ikut EKM. Orang muda merupakan garda terdepan perjuangan gereja dimasa yang akan datang." tambah beliau 


Dirinya berharap EKM mendatangkan manfaat bagi adik-adik kaum muda, agar di masa mendatang bisa berjuang.


Masa depan bergantung pada kalian kaum muda. Nah, saya berharap ketika sepulang dari sini, setiap hari minggu, OMK bertugas, memimpin lagu, juga khotbah, karena faktanya di Sekadau hanya ada 2 Pastor.


"Kami pemerintah daerah support apa adanya, tetapi kami mendukung penuh kegiatan ini. Agar masa depan adik-adik lebih baik," ujar Aron


Bupati juga mengingatkan kedepannya agar pihak Paroki mendatangkan narasumber dari BNN, agar mereka memberikan arahan, sebab kekhawatiran kita banyak anak muda terjerumus ke hal-hal seperti itu.


Lasarus S.Sos, M.Si Ketua Komisi V DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, mengatakan bahwa anak muda ini, aset penting kita semua. Masa depan gereja, ada di tangan mereka. Karena berikutnya adik-adik yang memang estafet kepemimpinan.


Melalui forum ini untuk mengasah diri, membentuk karakter anak muda, tambahnya.


Saya selalu berpesan, apa yang kalian lakukan hari ini, akan menentukan masa depan. Jangan pernah mencoba narkoba, sedangkan orang lain sibuk mencetak prestasi.


"Kemandirian itu barang mahal, jangan menjadi beban dimana pun berada, hidup harus semangat dan bercita-cita dulu." kata Lasarus yang sudah menjabat 14 tahun sebagai pimpinan komisi V DPR RI ini.


Hadir dalam acara tetua Komisi Kepemudaan Paroki Sekadau, Anggota DPRD Kabupaten Sekadau, Abun Tono Fraksi Hanura dan Ari Kurniawan dari Fraksi PDIP, Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sekadau.

×
Berita Terbaru Update