Notification

×

Iklan DPRD Sekadau, Hari Buruh

Iklan DPRD Sekadau, Hari Buruh

Tower BTS Dibangun Tak Berfungsi Di Desa Nanga Pari

Rabu, 20 September 2023 | 16.39.00 WIB Last Updated 2023-09-20T09:39:37Z

 

Foto; Tower BTS Desa Nanga Pari Kecamatan Sepauk Kabupaten Sintang

Sintang,transkapuas.com - Sampai saat ini warga di Desa Nanga Pari Kecamatan Sepauk Kabupaten Sintang Kalimantan Barat belum bisa menikmati akses internet karena tower BTS yang di bangun tahun 2022 dari kementerian Kominfo belum aktif, Rabu (20/9/2023).


Tower BTS milik Kominfo yang berada di Desa Nanga Pari Kecamatan Sepauk yang rampung pada tahun 2023 ini menjadi harapan besar bagi warga untuk mendapatkan sinyal telekomunikasi yang baik. Namun hingga kini jaringan sinyal yang dinanti tak pernah aktif.


Saat dihubungi melalui WhatsApp Kepala Desa Nanga Pari Kecamatan Sepauk Kabupaten Sintang pada Rabu 20 September 2023 Yohanes Miludi mengatakan pihak pemerintah Desa Nanga Pari sendiri telah sering berkoordinasi dengan pihak Kominfo, tetapi hingga saat ini tidak ada hasilnya.


"Udh sering diinformasikan", tulis Kades Nanga Pari singkat.


Yohanes Miludi juga menjelaskan bahwa tower Base Transceiver Station (BTS) dibangun pada tahun 2022 dan telah selesai pada 2023.


"Sekarang tower BTS sudah berdiri, tapi belum aktif,kami tak tau masalah nya apalagi sehingga tidak diaktifkan, tahun 2022 dibangun dan selesai 2023  belum 100%", tambah Kades.


"Ada kurang lebih 5 tongkat yang kecil-kecil belum terpasang, namun dulu pernah aktif 5-6 hari", lanjut Yohanes Miludi.


Kepala Desa Nanga Pari berharap kepada pihak-pihak terkait untuk segera bisa mengaktifkan tower BTS di wilayah nya tersebut,karena menurut kades hampir 80 persen warga masyarakat di Desa Nanga Pari setiap harinya menggunakan alat telekomunikasi HP,belum lagi anak-anak sekolah dan perangkat Desa yang harus bikin laporan.


Ditempat terpisah Kepala Dinas Kominfo Paulinus saat dihubungi melalui awak media terkait dengan belum aktifnya tower BTS yang berada di Desa Nanga Pari tersebut tidak memberikan penjelasan,namun  menyarankan untuk menghubungi kepala unit yang membidangi tower BTS tersebut.


"Ke kepala unit bidang yang menangani ya pak",tulis Kadis Kominfo singkat.


Menurut Kepala Unit yang membidangi tower BTS kabupaten Sintang tersebut Risnandir menjelaskan lewat WhatsApp bahwa secara teknis untuk BTS Bhakti di Nanga Pari sudah connect sebagai mana keterangan dari pihak fiberhome.


"Secara teknis utk BTS bakti di Ng pari sudah connect Sebagaimana keterangan dari pihak fiberhome", tulis Risnandir.


Ditempat terpisah saat menghubungi Halo Bhakti Rani Staf dari Bhakti tersebut meminta untuk mengirimkan data dan tempat di mana tower tersebut berada serta akan melakukan pengecekan terlebih dahulu.


"Selamat Siang Bapak/Ibu mohon untuk mengisi data sesuai dengan format yang telah kami kirim,agar laporan nya dapat kami proses.Terma kasih", tulisnya.


"Mohon maaf atas kendala yang terjadi", Lanjut Rani.


"Kami lakukan pengecekan terlebih dahulu, mohon kesediannya untuk menunggu", Pintanya lagi.


Menurut pihak Bhakti bawa tower BTS yang berada di Desa Nanga Pari (KLB00123) status under projects , kondisinya belum 100 % on air dan penyediaan masih melakukan optimalisasi jaringan sehingga memungkinkan jaringan belum stabil, untuk waktu optimalisasi belum dapat pastikan karena dikerjakan langsung oleh pihak penyedia.


Tower BTS yang berada di Desa Nanga Pari Kecamatan Sepauk Kabupaten Sintang tersebut dengan tinggi 42 meter dengan 3 tiang.


Reporter : K. Robenson.

×
Berita Terbaru Update