Notification

×

PLN Abaikan, Kabel PLN Di Begob Ancam Keselamatan Warga

Sabtu, 09 September 2023 | 19.07.00 WIB Last Updated 2023-09-09T12:07:23Z

 


Sintang,transkapuas.com - Diduga ada pembiaran dari pihak PLN selama bertahun-tahun kabel saluran listrik membentang kendur dari arah Dusun Gembala menuju Dusun Begob di wilayah Desa Bengkuang Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang Kalimantan Barat Sabtu (9/9/2023).


Menurut beberapa warga masyarakat Dusun Begob kabel listrik tersebut sudah sangat lama kendur bahkan ada yang sudah berada di tanah.


"Akibatnya,kabel kendur milik PLN, sangat berbahaya bagi warga masyarakat di sini", jelas warga yang tidak mau disebutkan namanya.


Ditempat yang sama salah satu warga masyarakat Dusun Begob juga menyampaikan bahwa kabel listrik yang kendur juga ditambah lagi dengan sering nya listrik yang kadang-kadang hidup dan kemudian padam lagi.


"Kabel listrik yang kendur itu sudah cukup lama,padahal mereka PLN sudah sering memperbaiki kWh kami di sini, kenapa kabelnya dibiarkan seperti ini dan ini sangat berbahaya sekali, sekarang listrik kami di sini beberapa menit nyala terus beberapa detik kemudian padam lagi. Ini bisa merusak alat elektronik kami seperti kulkas, dispenser, TV dan lainnya, bahkan bola lampu kami sudah berapa biji yang terbakar akibat sering mati hidup listrik tersebut", jelas warga panjang lebar.


Ketua RT Dusun Begob Jajang Hidayat saat ditanya awak media dengan situasi dan kondisi yang terjadi tersebut membenarkan bahwa kabel listrik tersebut sudah lama kendur dan tidak berada di tiangnya lagi dan menjelaskan kalau benar listrik di Dusun Begob tersebut tidak stabil.


"Ini kabel Bapak sudah lihat sendiri,semua hampir tidak menempel di tiangnya lagi bahkan ada yang sudah berada di tanah,terus terang kalau kami pasang sendiri nanti kalau tersengat aliran listrik resikonya pasti sendiri,tapi menunggu pihak PLN sampai saat ini tidak ada perbaikan dari mereka di tambah sekarang listriknya sering tidak lama nyala tiba-tiba mati lagi", tutur Ketua RT Dusun Begob.


"Kita juga sudah menyampaikan ke pihak Desa Bengkuang melalu Kades dengan kondisi ini", tambah Jajang singkat.


Ditempat terpisah saat ditemui di kediamannya, Kepala Desa Bengkuang Dimanto juga membenarkan dengan tidak adanya perbaikan kabel listrik yang kendur dan dirinya sudah sering menyampaikan secara lisan ke pihak PLN yang khusus ke lapangan.


"Kita pernah menyampaikan ke mereka PLN secara lisan kalau kabel listrik tersebut kendur dan Ku rasa tidak diberitahu pun mereka melihatnya sendiri", jelas Kades.


"Ini listrik di Desa Bengkuang juga beberapa menit nyala tiba-tiba mati,saya mengharapkan agar pihak PLN segera memperbaiki kabel listrik yang kendur tersebut secepat mungkin karena ini sangat berbahaya bagi keselamatan warga masyarakat saya di sini apalagi anak-anak sekolah setiap hari turun ke sekolah, siapa tau mereka membawa parang ketika di suruh kerja bakti di sekolah,ya kita gak tau maklum anak-anak bisa potong kayu di jalan tiba-tiba terpotong ke kabel tersebut, ini yang kita khawatirkan", jelas Kades panjang lebar.


"Saya mengharapkan agar segera mungkin pihak PLN bertindak cepat,ditambah sekarang listrik nya kadang-kadang nyala tiba-tiba mati lagi,inikan bisa merusak berbagai macam alat-alat seperti kulkas, dispenser dan lainnya", tambah Dimanto singkat.


Saat dihubungi melalui WhatsApp Koordinator Pelayanan teknik pelanggan Yogi Yantek mengatakan akan segera menginformasikan ke kawan-kawan PLN wilayah Kelam.


"Nanti kita infokan ke kawan-kawan yang di wilayah kelam pak", tulisnya singkat.


Dengan fungsi utama sebagai penghantar listrik, kabel listrik memiliki banyak kegunaan di rumah. Selain sebagai sumber listrik untuk berbagai peralatan elektronik seperti televisi, kulkas, hingga pendingin ruangan, kabel listrik juga berfungsi sebagai penghantar radio frekuensi sebelum dipancarkan melalui antena.


Reporter : K. Robenson

×
Berita Terbaru Update