Notification

×

Iklan DPRD Sekadau, Hari Buruh

Iklan DPRD Sekadau, Hari Buruh

Petinju Dari TNI AD Praka Hiyar Ismansyah asal Bengkayang Siap berlaga di Thailand

Sabtu, 20 Mei 2023 | 17.59.00 WIB Last Updated 2023-05-20T10:59:42Z
Foto : Praka Hiyar Ismansyah


Bengkayang, transkapuas.com- saat ini Petinju asal kabupaten Bengkayang, Hiyar Ismansyah tengah mempersiapkan diri untuk ikut seleksi XBC Sportech PreQualification Fight menuju Road to Rajadamnern 2023. 


Jika lolos seleksi pada 11 Juni 2023 mendatang, dirinya akan bertanding di Rajadamnern Muay Thai, Thailand tahun 2023 - mewakili Kalimantan Barat. 


"Rencana saya mau bertanding di Thailand ketika saya lolos seleksi di Indonesia di tanggal 11 Juni 2023. Karena tiap kelas ada tiap provinsi yang mewakili, seedangkan dikelas saya ada 4 provinsi yakni Kalbar, Kaltim , NTT dan Bekasi. Dan saya berhadapan dengan atlit NTT," ucap Praka Hiyar yang saat ini berdinas di divisi Infanteri 1 Kostrad, Depok. 


Dalam mempersiapkan diri, Hiyar juga terus berlatih fisik setiap harinya bersama sang pelatih. "program yang kita jalani adalah Power di pagi untuk mengasah pukulan siang fisik agar di dalam pertandingan tidak keteteran ketika sepanjang ronde. Dan malam tehnik agar bisa bagaimana untuk mengantifikasi yang saya hadapi nanti nya seperti apa, sejauh ini itu yang kita lakukan untuk sebulan ini yg kita persiapkan ," kata Hiyar. 


Hiyar nantinya akan bermain di kelas 57 KG, dan sudah menandatangani kontrak pertandingan tersebut pada 11 Mei 2023. 


Untuk bisa tampil di Muay Thai, Thailand Hiyar meminta dukungan dan doa dari masyarakat Kalimantan Barat, khususnya kabupaten Bengkayang agar bisa membawa kemenangan dan harumkan nama daerah. 


"Saya mohon masyarakat Kalbar khususnya Bengkayang mohon doa dan dukungannya agar saa bisa membawa kemenangan dan mengambil tiket di kejuaraan rood to Rajadamnern Muay Thai Thailand di tahun 2023," ucap Hiyar. 



Prestasi


Hiyar Ismansyah merupakan Abang kandung dari petinju nasional, Hisar Pacmen atau Hisar Mawan. Ia memulai karier tinjunya pada tahun 2012, dan tahun yang sama pula ia pertama kali mengikuti kejuaraan tinju Cornelis Cup se-Kalbar dan bermain di kelas 52KG. Saat itu, pertama kali Hiyar mendapatkan medali emas.



Kemudian di tahun 2013, berkat prestasi di bidang olah raga tinju, dia di tawarkan untuk mendaftarkan diri sebagai anggota TNI-AD oleh salah satu rekannya - yang juga merupakan anggota TNI-AD. Namun pada saat itu kata Hijar, dirinya sudah bekerja di salah satu perusahaan sawit dan sambil menjadi pelatih sepak bola SD. 


"Selama 8 bulan bekerja, tiba-tiba orang tua saya menelpon sambil nangis ibu saya bilang ada yg nawarkan masuk TNI dari prestasi, tolong balik ibu kasian kamu kerja sawit itu keras, saya menjawab ok saya mau tapi sekali saja kalau tidak lulus saya tetap kerja sawit dan jadi pelatih sepak bola," cerita Hiyar sambil mengenang kembali obrolan dengan ibunya saat itu. 


Hiyar memutuskan untuk mendaftar diri sebagai anggota TNI, dan mengikuti serangkaian tes, berbekal prestasi yang dimiliki. Bak semesta mendukung, Hiyar lolos sebagai anggota TNI-AD di tahun 2014, dan ditugaskan di Jakarta. 


Tahun 2016, Hiyar kembali ikut pertandingan di WSBC dengan perolehan medali emas. Saat itu ia berhadapan dengan Petinju asal Jakarta. Setahun kemudian, 2017 ia kembali mendapatkan medali emas dan mengalahkan petinju asal Jawa Barat. 


Kemudian di tahun 2020, Hiyar memutuskan untuk bergabung di olahraga campuran, yakni Muay Thai. Sejak itu dirinya sering naik ring dan menang TKO dan KO. Dan sampai tahun 2021 dan 2022 dia bermain di kejuaraan tarung bebas kick boxing membawa nama kabupaten Bengkayang. Di momen ini ia bersama adik kandungnya, Irawan Purwanto dan berhasil menjadi juara satu dan mendapatkan penghargaan dari Bupati Bengkayang. Sejak itu pula, ia banyak mendapatkan tawaran hingga di Provinsi Jawa Barat. 


Terakhir di tahun 2022, ia mendapat medali emas di Wushu pada Porprov Kalbar. 


Sejatinya, olahraga apapun itu, jika dia jalani dan tekuni sepenuhnya hati akan membawa berkah dikemudian hari. Hiyar berharap, dukungan dari masyarakat Kalbar untuk dirinya agar bisa tampil di Rajadamnern Muay Thai, Thailand tahun 2023. (Robin)

×
Berita Terbaru Update