Notification

×

TK

TK

Wabup

Wabup

Sintang 1

Sintang 1

Dewan Sesalkan Aksi Demo Yang Merusak Kantor DPRD Sekadau

Kamis, 25 Mei 2023 | 18.51.00 WIB Last Updated 2023-05-27T11:55:08Z
Foto: Kondisi Kantor DPRD kabupaten Sekadau yang mengalami kerusakan


Sekadau, transkapuas.com - Anggota DPRD Kabupaten Sekadau dari Fraksi PDIP, Bambang Setiawan, menyesalkan perusakan Kantor DPRD oleh oknum massa yang berdemo, Kamis, 25 Mei 2023.


"Kami menyesalkan (perusakan Kantor DPRD). Kenapa itu bisa terjadi tanpa sebab kata Bambang Kenapa ini saya katakan tanpa sebab ? Karena selama proses demo ada perwakilan massa yang hadir bersama kami dalam pertemuan dengan Wakil bupati," ucap Bambang yang didampingi Yodi Setiawan, Liri Muri, dan Sekretaris DPRD Sekadau, Nurhadi, saat konferensi pers, Jumat, (26/5) 2023. 


"Saya dan Pak Yodi hadir dalam pertemuan itu untuk mencari solusi bersama Forkopimda. Ada Pak Wakapolres karena Pak Bupati dan Kapolres dalam perjalanan dari kegiatan di luar kantor," sambungnya.


Bambang menyesalkan karena saat dilaksanakan rapat tiba-tiba massa bergerak ke Kantor DPRD lalu melakukan perusakan. Ia meminta oknum yang melakukan perusakan tersebut diberikan teguran. Selain itu, Bambang juga meminta pihak kepolisian menginvestigasi masalah tersebut.


"Kita mau mereka atau oknum yang melakukan perusakan menyampaikan permohonan maaf secara terbuka kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sekadau karena telah melakukan tindakan yang memang di luar konteks menurut saya," tegas Bambang. 


Apalagi disaat yang bersamaan, kita sedang melakukan pertemuan untuk mencari solusi terkait tuntutan massa, tapi malah terjadi aksi perusakan. Kita lanjut Bambang, sangat menghormati proses demokrasi atau penyampaian aspirasi dari masyarakat.


"Aksi demo yang dilaksanakan masyarakat kita sambut baik, tapi kalau ada perusakan tanpa ada sebab-sebab yang jelas, seolah-olah itu terprovokasi supaya itu tidak ditiru yang lain. Kita bisa mengemukakan pendapatan di hadapan umum, bisa berunjuk rasa, tapi tolong perhatikan ketentuan dan aturan yang berlaku,"kata Bambang.


Bambang menegaskan, pihaknya mendukung dan berpihak kepada masyarakat. Maka, menurutnya, keputusan yang diambil dirasa sudah mengakomodir seluruh tuntutan massa. "Kita sudah berpihak kepada masyarakat," katanya menambahkan.


8 Jendela di Kantor DPRD Rusak


Ditempat yang sama, Sekretaris DPRD Kabupaten Sekadau, Nurhadi, mengatakan pihaknya sudah melakukan inventarisasi terhadap kerusakan tersebut. Setidaknya ada delapan jendela yang rusak.


"Ini berantakan. harus kami bersihkan. Walaupun hari ini tidak terlalu mengganggu, tapi kami harap pihak kepolisian segera memproses police line ini. Berapa lama dipasang dan kapan akan dibuka.Sehingga kami bisa membersihkan gedung ini. Ini kan rumah rakyat, ndak enak juga kalau berantakan," tuturnya.


Terkait aksi kemarin, Nurhadi mengatakan, tidak ada surat yang disampaikan ke DPRD Kabupaten Sekadau. Nurhadi mengatakan, jika masyarakat ingin berdemo ke DPRD seharusnya disampaikan melalui surat terlebih dahulu tutur Nurhadi.


"Kalau masyarakat ingin berdemo silakan bersurat dan akan kami layani, akan kami fasilitasi terkait dengan penyampaian aspirasi," pungkasnya.(tim/red)

×
Berita Terbaru Update