Notification

×

GD SKD TK

GD SKD TK

Peletakan Batu Pertama GKII Ebenhaezer Dihadiri Kadis BKKBN Sintang

Kamis, 16 Februari 2023 | 16.57.00 WIB Last Updated 2023-02-16T09:57:25Z

 


Sintang,transkapuas.com - Gereja merupakan tempat ibadah bagi umat Kristen untuk berkomunikasi pada Allah. Gedung gereja hendaknya dijadikan sarana untuk membangun relasi antar jemaat maupun masyarakat luas dan relasi antara manusia dengan Tuhan. 


Peletakan batu pertama pembangunan Gedung Gereja Kemah Injil Indonesia (GKII) Pos PI Ebenhaezer yang beralamat di Dusun Baning Jaya Desa Baning Panjang Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang Kalimantan Barat pada Kamis, (16/2/2023) tersebut didahului dengan ibadah yang dipimpin oleh Pdt. Petrus Gunawan, M.Th.


Ketua GKII daerah 1 Sintang Pdt. Petrus Gunawan, M.Th mengajak jemaat dan para tamu undangan yang hadir terkhususnya jemaat Kristen untuk membuka Alkitab Nehemia 2 yang terdapat dalam pasal 2:11-20 dimana dalam bacaan tersebut mengatakan bahwa tekat untuk membangun kembali tembok Yerusalem.


Dalam khotbahnya Pdt Petrus Gunawan mengatakan sehubungan dengan pembangunan gedung gereja tersebut bahwa bagaimana rahasia keberhasilan Nehemia dalam membangun.


"Dapat disimpulkan yaitu kemurahan Allah yang akan melindungi", jelasnya.


"Berdiri teguh dan jangan pernah goyah untuk pekerjaan Tuhan dan meyakini kemurahan Allah", tambah Pdt Petrus Gunawan, S.Th yang juga sebagai Ketua GKII Daerah 1 Sintang.


Selesai ibadah tersebut pembawa acara memberikan kesempatan kepada Kepala Dinas BKKBN Sintang Drs. Maryadi, M.Si untuk menyampaikan pesan kepada seluruh jemaat dan tamu undangan yang hadir dalam acara tersebut.


Dalam sambutannya Kadis BKKBN Sintang  menyatakan harapannya agar Gereja menjadi Sentral pergerakan kemajuan, pergerakan moral, pergerakan sosial dan lainnya yang membawa dampak positif kemajuan.


"Ini pertama sekali Gereja Kristen di bangun disini dan tempat ibadah sangat penting untuk dibangun sebagai rumah Tuhan bagi umat manusia". terangnya.


Dikatakannya Gereja bukan hanya sebagai tempat bangunan berdiri tetapi merupakan tempat membangun keimanan dan kecerdasan hidup jemaat untuk mencapai hidup yang lebih baik.


"Gereja sebagai institusi harus menjadi yang terdepan dalam menggerakkan semua komponen yang ada agar bisa berdaya guna dalam berkerja, berpikir dan cara bertindak sehingga pertumbuhan hebat dapat terjadi", pesan Maryadi.


Kapolsek Kelam Permai AKP M. Rasyid saat memberikan sambutan mengatakan bahwa pembangunan sebuah gereja tentunya ada dukungan dan kerjasama yang baik dari berbagai pihak.


"Kami akan tetap menjaga Kamtibmas bagi siapa saja,agama apapun yang diakui oleh negara dan kita beribadat harus tetap terjaga", jelas Kapolsek.


Kapolsek Kelam Permai AKP M. Rasyid yang baru beberapa minggu bertugas di wilayah hukum Polsek Kelam Permai tersebut juga berpesan kepada seluruh jemaat dan tamu undangan yang hadir untuk saling menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat.


"Saya pesankan untuk tidak main hakim sendiri, kalau pun ada persoalan mari kita selesaikan secara musyawarah dan mufakat serta apabila ada orang yang ingin menjadi donatur untuk pembangunan gereja ini tolong di selidiki sumbernya, kalau kira-kira meragukan silahkan menghubungi saya". Pesan AKP. M. Rasyid.


Camat Kelam Permai yang diwakili oleh Staf kecamatan Antonius Nadi Sumarto dalam sambutannya menyatakan rasa syukur karena jemaat telah memulai meletakan batu pertama pembangunan gedung Gereja. Memulai langkah pertama untuk dapat mencapai tujuan sangat penting jelasnya. Dirinya berharap jemaat terus membangun kerjasama, kekompakan dan kesatuan hati sehingga pekerjaan pembangunan dapat diselesaikan tepat pada waktunya. 





"Saya yakin, semewah apapun, sebesar apapun Gereja yang dibangun akan dapat diselesaikan pada waktunya. Belum pernah saya melihat gereja yang dibangun terbengkalai atau tidak selesai,”  ungkapnya.


Antonius Nadi Sumarto juga berperan kepada semua masyarakat dan jemaat untuk dapat menjaga dan merawat gereja ini nantinya ketika sudah jadi.


Turut hadir dalam kegiatan peletakan batu pertama GKII Pos PI Ebenhaezer tersebut, Ketua GKII Daerah 1 Sintang Pdt. Petrus Gunawan,M. Th, Sekretaris Daerah 1 Sintang, Pdt. Bukari, M.Pd,Kadis BKKBN Sintang Drs. Maryadi.M.Si, Staf Kecamatan Kelam Permai Antonius Nadi Sumarto, Kapolsek Kelam Permai AKP. M. Rasyid,Gembala sidang di setiap daerah, Kepala dusun/wilayah Dusun Baning Jaya Desa Baning Panjang, jemaat serta tamu undangan lainnya. Selesai Kegiatan tersebut seluruh yang hadir menikmati hidangan yang sudah disiapkan oleh panitia dan jemaat setempat.


Reporter : K. Robenson



×
Berita Terbaru Update