Notification

×

TK

TK

Wabup

Wabup

Sintang 1

Sintang 1

Cegah PMK, Polres Sekadau Dampingi Vaksinasi dan Pemberian Vitamin Pada Hewan Ternak

Rabu, 03 Agustus 2022 | 17.21.00 WIB Last Updated 2022-08-03T10:30:39Z


Sekadau, transkapuas.com - Langkah pencegahan terhadap penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) terhadap hewan ternak terus dilakukan, salah satunya melalui suntikan vaksin dan pemberian vitamin.

Selama 2 hari berturut-turut, suntikan vaksin dan vitamin diberikan kepada sejumlah hewan ternak di wilayah desa Mungguk, Bokak Sebumbun dan Ensalang Kecamatan Sekadau Hilir Kabupaten Sekadau.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Peternakan Kabupaten Sekadau bekerjasama dengan Badan Karantina Pertanian Entikong Kabupaten Sanggau dan didampingi personel Polres Sekadau yang tergabung dalam Satgas Ops Aman Nusa II.

Kapolres Sekadau melalui Kabag Ops AKP Oloan Sihombing menjelaskan, vaksinasi dan pemberian vitamin dilakukan sejak Selasa kemarin (2/8/2022) untuk mencapai target 100 dosis vaksin PMK. 

"Suntikan vaksin jenis Aftopor kemarin telah mencapai 93 dosis, hari ini kembali dilanjutkan untuk meraih target yang ditentukan yaitu 100 dosis vaksin PMK untuk ternak sapi," jelas Kabag Ops, Rabu 3 Agustus 2022.

Sebagaimana diketahui, vaksin PMK dan pemberian vitamin tersebut bertujuan untuk memberikan kekebalan pada hewan ternak supaya dapat melawan virus atau mikroorganisme penyebab penyakit.

"Kami juga sampaikan kepada pemilik ternak untuk menjaga kebersihan kandang dan pakan hewan sebagai bentuk dukungan terhadap upaya pencegahan penularan PMK," terang Kabag Ops.

"Untuk mengantisipasi wabah PMK, Polres Sekadau melalui Satgas Ops Aman Nusa II akan terus bersinergi dengan pihak terkait dalam melakukan langkah pencegahan melalui disinfeksi kandang ternak maupun vaksinasi PMK seperti sekarang ini," tuturnya. (Humas Polres Sekadau) 


×
Berita Terbaru Update