Notification

×

Iklan Kampanye Kades

Kades Tp. Perodah

Kades Tp. Perodah

Personel Polres Sekadau Jalani Binlat Penguatan Nilai-Nilai Kebangsaan

Selasa, 12 April 2022 | April 12, 2022 WIB Last Updated 2022-04-12T16:05:59Z


Sekadau, transkapus.com - Seluruh personel Polres Sekadau diberikan pembinaan dan pelatihan (binlat) penguatan nilai-nilai kebangsaan untuk menanamkan sikap nasionalisme, patriotisme, cinta tanah air dan setia kepada Pancasila sebagai dasar negara Indonesia, Selasa, (12/4/2022). 

Kapolres Sekadau AKBP K. Tri Panungko mengatakan, kegiatan ini selain untuk  mencegah personel Kepolisian agar tidak terpapar dan terpengaruh paham radikalisme, komunisme dan aliran sesat lainnya serta menjadi bekal bagi anggota Polri guna bisa memberikan sosialisasi kepada seluruh masyarakat tentang arti pentingnya cinta tanah air dan bangsa.

Nantinya, pembinaan dan latihan ini  diharapkan dapat ditindaklanjuti dan diterapkan di lingkungan masyarakat agar dapat menolak ajaran atau paham yang berseberangan dengan nilai-nilai kebangsaan itu sendiri.

Saat membuka kegiatan, Kapolres Sekadau menyampaikan kembali bahwa Pancasila sebagai dasar negara harus senantiasa tertanam dalam hati setiap warga negara Indonesia serta menjaga keutuhan 4 pilar kebangsaan Indonesia yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.

Menurut Kapolres Sekadau, 4 pilar kebangsaan merupakan pondasi yang kokoh dan bisa mempersatukan bangsa Indonesia yang terdiri atas beragam suku bangsa, agama, ras dan antar golongan.

"Selaku anggota Polri hendaknya menebar benih-benih kebaikan berdasarkan rasa nasionalisme dan patriotisme, bukan atas dasar ajaran agama tertentu maupun latar belakang suku, ras dan golongan," jelasnya.

Rangkaian binlat dilanjutkan dengan perjalanan kebangsaan pada pukul 20.00 WIB melalui rute Polres Sekadau - tugu bundaran PKK - Jl. Merdeka Selatan - Jl. Panglima dan kembali ke Mapolres Sekadau.

Selanjutnya digelar apel persada dan renungan suci di halaman Mapolres Sekadau. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenang kembali jasa - jasa para pahlawan yang telah gugur berjuang untuk memperoleh kemerdekaan Indonesia.

Selaku Inspektur Upacara, Kapolres Sekadau memimpin pengucapan sumpah jati diri yang berbunyi kami warga negara Indonesia tidak akan meninggalkan jati diri bangsa Indonesia dimanapun berada, kapan saja, dalam keadaan apa saja dan apapun resikonya.

Pembinaan dan pelatihan penguatan nilai-nilai kebangsaan Pegawai Negeri pada Polri tahap pertama ini diikuti personel Polres Sekadau dan Polsek jajaran yang akan dilaksanakan hingga tanggal 16 April 2022. (Humas Polres Sekadau) 

×
Berita Terbaru Update