Notification

×

Iklan Kampanye Kades

Kades Tp. Perodah

Kades Tp. Perodah

Tujuh Cara Ini Bisa Dicoba Untuk Berhenti Merokok

Sabtu, 30 Mei 2020 | Mei 30, 2020 WIB Last Updated 2021-12-17T16:13:22Z

Kita ssemua tahu dan sepakat dong kalau rokok itu sangat tidak baik untuk kesehatan. Meskipun begitu masih banyak orang yang dengan sadar tetap menghisap rokok. Kalau ku amati, kampanye anti-merokok di Indonesia masih berfokus pada tingkat bahaya yang disebabkan oleh perokok. Sementara di sisi lain perusahaan rokok mendesain iklan mereka dengan pesan menyesatkan bahwa merokok itu keren dan maskulin, dengan nada positif lainnya untuk merekrut perokok remaja dan memperluas pasar. 

Beberapa hari lalu aku membuat survey kecil-kecilan di sosial media bagaimana mereka yang dulu perokok bisa berhenti dan memulai hidup lebih sehat tanpa rokok. Ada tujuh alasan teratas yang mereka sebutkan untuk membuat berhenti kecanduan rokok.

1. Kuatkan diri di dua minggu pertama
Berhenti merokok memang nggak gampang, kamu harus benar-benar memiliki keinginan kuat dan sebisa mungkin untuk melawannya. Hasil sharing dengan teman-teman yang sudah berhenti merokok, waktu terberat dalam proses berhenti biasanya di dua minggu pertama. Harus punya alasan yang kuat kenapa harus berhenti. cobalah tulis semua daftar alasan tersebut dan tempatkan daftar alasan tersebut ditempat yang bisa dilihat -sebagai bahan untuk refleksi diri. Apalagi kalau alasan berhenti merokok adalah karena keluarga.

2. Hindari alkohol
Berdasarkan sebuah studi, sudah diketahui kalau erat kaitannya antara konsumsi alkohol dengan merokok. Biasanya, meraka yang minum alkohol akan muncul keinginan untuk merokok juga. karena itu, salah satu cara yang dapat dilakukan untuk berhenti merokok adalah dengan menghindari alkohol karena alkohol dapat merusak pertahanan diri berhenti merokok.

3. Rutin sikat gigi
Orang yang sudah terbiasa merokok kemudian mulai mnegurangi kebiasannya merokok, biasanya merasakan mulutnya terasa asam. Rutin sikat gigi ini akan memberikan efek segar di dalam mulut dan menghilangkan rasa asam karena nggak lagi menghisap rokok. 

4. Menyeruput air dingin melalui sedotan
Salah satu cara unik yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitan berhenti merokok adalah dengan menghirup air dingin melalui sedotan. Ternyata ini dapat dijadikan cara untuk mengganti keinginan mengisap batang rokok menurut beberapa responden. Selain itu, menghirup air dingin melalui sedotan juga akan melepaskan dopamin yang merupakan bahan kimia otak yang dapat membantu meringankan suasana hati yang buruk.

5. Ganti dengan cemilan


Maksudnya adalah, ketika dalam proses berhenti merokok, akan selalu ada keinginan untuk memasukkan sesuatu di mulut. Begitu yang diceritakan responden di survey ala-ala ku kmaren. Hal tersebut terjadi karena sebelumnya sudah terbiasa mengisap batang rokok jadi ketika dalam tahap mencoba berhenti merokok akan merasa aneh kalau tidak ada sesuatu di mulut. Oleh karena itu, kamu bisa mengganti rokok yang biasa diletakkan di mulut dengan permen karet bebas gula, atau makanan ringan yang sehat.
Nyemil buah misalnya. Kemana-mana bawa buah yang gampang dimakan tanpa harus repot ngupas kayak Apel atau kurma Medjol.


6. Olahraga, bahkan hanya jalan kaki


Kalau emang benar-benar ingin berhenti merokok, harus mencoba aktif berolahraga juga. Karena ketika tubuh aktif, tubuh akan mengirimkan bahan kimia alami yang dapat membantu suasana hati dan mengurangi stress. Nahkan kebanyakan orang merokok untuk mengalihkan stress kan.
 

7. Tempuh langkah medis
Kalau kamu merasa segala cara sudah ditempuh tapi tetap belum berhasil, maka langkah selanjutnya yang perlu kamu ambil adalah meminta bantuan medis. Dokter akan memberikan beberapa resep obat-obatan yang dapat membantu kamu untuk berhenti merokok dengan cara memengaruhi proses kimia di otak. Tersedia juga obat yang dapat membantu meredakan efek kecanduan nikotin, seperti depresi dan ketidakmampuan berkonsentrasi. Tapi harus dalam pengawasan dokter ya, nggak boleh sembarangan. 

Jadi sebenarnya banyak cara yang bisa ditempuh untuk berhenti dari jerat candu rokok gaeess. Tergantung dari niatnya dulu, harus kuat. At least untuk kesehatan biar bisa menikmati hidup lebih panjang dan nikmat tanpa diganggu penyakit yang timbul karena merokok. 

Yuk Kampanyekan STOP-MEROKOK di Sosial Media


Kekuatan media sosial sangatlah besar, media sosial juga mampu mengubah kebiasaan negatif. Dalam kesempattan hari tembakau seduni ini, bersama sembutopia yuk kita galakan lagi kampanye berhenti merokok. @sembutopia adalah sebuah platform untuk memotivasi dan menginspirasi Indonesia agar kita bersama-sama menciptakan sebuah lingkungan yang lebih sehat dan terbebaskan dari semua penyakit dan konflik baik secara kejiwaan dan keragaan. Jadi concern Sembutopia ini memang untuk menyembuhkan Indonesia dari segala macam penyakit baik itu penyakit jiwa atau raga. Apalagi dalam musim corona seperti ini, semua orang butuh bebas dari penyakit.


Jadi, mumpung semua sedang berusaha menjadi sehat dalam pandemi ini sekalian aja sehat tanpa rokok yuk gaes. 





×
Berita Terbaru Update