Notification

×

Iklan DPRD Sekadau, Hari Buruh

Iklan DPRD Sekadau, Hari Buruh

Ini Kata Wabup Sekadau Saat Menghadiri RAT KUD Gunung Pingai Seraras

Senin, 10 Juni 2024 | 20.02.00 WIB Last Updated 2024-06-10T13:02:29Z


Sekadau, transkapuas.com - Wakil Bupati (Wabup) Sekadau, Subandrio menghadiri Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Unit  Desa (KUD) Gunung Pingai Tahun Buku 2023. dilaksanakan di Kantor KUD Gunung Pingai, Desa Seraras Kecamatan Sekadau Hilir, Senin (10/6/2024).


Dalam acara tersebut dilaksanakan penyerahan sertifikat RAT Koperasi Gunung Pingai dari dinas koperasi dan UKM kabupaten Sekadau, sedangkan RAT bertujuan untuk perencanaan program kerja koperasi tahun buku 2024 dan evaluasi kinerja kepengurusan selama 1 tahun.


Dalam sambutannya Wabup Sekadau, Subandrio  menyampaikan agar KUD yang belum adakan RAT agar segera melaksanakan karena wajib perintah undang-undang.


"Pemkab Sekadau mengucapkan selamat atas terlaksananya RAT. berkaitan kendaraan yang disalurkan pemkab ke KUD, kita melihat sejauh mana efeknya bagi anggota, dengan harapan KUD berkembang terus dan jaya. Saya yakin ada keseriusan, saya menyarankan untuk KUD yang belum adakan RAT agar segera melaksanakan karena wajib perintah undang-undang," ucap Subandrio sapaan akrab Wabup Sekadau.


Wabup juga mengatakan bahwa kehadiran koperasi sangat sesuai dengan visi misi pemerintah daerah kabupaten Sekadau.


"Kehadiran koperasi juga sangat sesuai visi misi daerah, yakni maju, sejahtera dan bermartabat, dengan misi ke 4 yakni: Mewujudkan iklim investasi yang kondusif dan pengembangan ekonomi yang berbasis usaha mikro, kecil, koperasi dan industri," kata Wabup.


"Supaya ekonomi masyarakat desa Seraras cepat berkembang, kita dorong PT. MPE untuk biaya angkut dipotong, dan adanya pabrik akan mendongkrak perekonomian warga. Kedepannya, semua petani kita harus bermitra dengan SPKS. pesan kepada dinas koperasi agar mendata sawit mandiri guna mudah melakukan pembinaan," sambutannya.


Beliau juga menyampaikan Pemkab Sekadau setiap tahun membagikan bibit sawit melalui kelompok tani, senilai Rp.2 Milyar setiap tahunnya.


"Tahun ini pemerintah kabupaten Sekadau mengindahkan usulan masyarakat untuk program sawit, kita membagikan bibit sawit melalui kelompok tani, sebanyak 2.000 hektar dengan nilai Rp. 2 miliar tiap tahun. Sedangkan, ketika kunjungan presiden Joko Widodo beberapa bulan lalu, hal utama diajukan adalah kesehatan dan jembatan, sudah diusulkan dengan proposal juga," ujarnya.


Pada kesempatan yang sama, Jaya ketua Koperasi Gunung Pingai Seraras yang juga menjabat sebagai kepala desa Seraras menyampaikan desa Seraras memiliki enam KUD.


"Desa Seraras sendiri memiliki enam KUD, semoga koperasi semakin hari semakin jaya. Koperasi Gunung Pingai sendiri sampai saat ini bermitra dengan PT. MPE Grup dan berjalan sangat baik. Koperasi ini juga sudah lama berjalan, sejak tahun 1995 yang terdiri dari 130 anggota pada waktu itu dengan lahan plasma seluas 230 hektar," ucap Jaya.


"Saya juga berharap kepada Pemerintah daerah kabupaten Sekadau dapat mengalokasikan dana untuk pembangunan kantor desa baru, dan untuk lokasi telah disiapkan," tutupnya. (Sy)

×
Berita Terbaru Update