Notification

×

Iklan DPRD Sekadau, Hari Buruh

Iklan DPRD Sekadau, Hari Buruh

Pembukaan Pekan Gawai Dayak Ke-38 Kalimantan Barat Di Hadiri Wakapolda Kalbar

Selasa, 21 Mei 2024 | 12.52.00 WIB Last Updated 2024-05-21T05:52:39Z

 


PONTIANAK, transkapuas.com  - Wakapolda Kalimantan Barat Brigjen Pol Roma Hutajulu, S.I.K., M.Si., menghadiri Pembukaan Pekan Gawai Dayak Kalimantan Barat ke-38 Tahun 2024 yang bertempat di Rumah Radakng Kalimantan Barat, Senin (20/5).


Pembukaan Pekan Gawai Dayak Kalimantan Barat ke-38 Tahun 2024 ini dibuka langsung Pj. Gubernur Provinsi Kalbar Dr. H. Harisson, M.Kes., yang dihadiri juga oleh forkopimda Kalbar, Kasdam XII/Tanjungpura Brigjen TNI Jannie Aldrin Siahaan, S.E., M.B.A., Danlantamal XII/Pontianak Laksma TNI Avianto Rooswirawan, S.E., M.Si., M.Tr.Opsla., dan Kasitahwildirga Lanud Supadio Letkol Kes I Gede Eri Armika.


Dalam sambutannya, Pj. Gubernur Kalbar mengatakan, bahwa acara yang dikenal gawai dayak ini mengekspresikan kebudayaan adat suku Dayak dengan menggelar berbagai upacara adat yang diselenggarakan setiap tahun sebagai identitas budaya daerah turun temurun sekaligus sebagai sarana wisata seni budaya yang dinikmati kepada semua warga Kalimantan Barat.


"Di tengah kemajemukan mari kita wujudkan komitmen bersama budaya dayak merupakan aset yang harus dijaga dalam membangun kehidupan bermartabat. Kita harus bergandengan tangan dan harus melestarikan budaya daerah," ucapnya.


Harrison mengatakan bahwa Pekan Gawai Dayak Kalimantan Barat ke-38 Tahun 2024 yang bertujuan untuk melestarikan Budaya Dayak Kalimantan Barat agar dikenal oleh seluruh masyarakat di Indonesia ini diselenggarakan selama 5 hari terhitung dari tanggal 20 Mei sampai 25 Mei 2024.


Kepada Awak Media, Wakapolda Kalbar Brigjen Pol Roma Hutajulu, S.IK., M.Si., juga mengapresiasi atas terselenggaranya Pekan Gawai Dayak Kalimantan Barat ke-38 Tahun 2024 ini, dan menghimbau kepada panitia dan penyelenggara untuk bersama-sama menjaga situasi pelaksanaan pekan gawai dayak tetap aman dan tertib.


"Dalam acara pekan Gawai Dayak Kalbar ke-38 tahun 2024 ini, Polda Kalbar beserta jajaran telah menyusun perencanaan sistem pengamanan dan melaksanakan simulasi untuk kesiapan pengamanan acara ini, dengan menurunkan personel yang terdiri dari polda maupun polres/Ta serta stakeholder terkait termasuk panitia/ penyelenggara", ungkap Brigjen Pol Roma Hutajulu.


Ia juga menghimbau kepada seluruh masyarakat yang hadir dan semua pihak untuk bersama-sama menyukseskan serta menjaga ketertiban dan keamanan selama pelaksanaan Gawai Dayak, karena disamping merupakan warisan budaya nusantara, acara Pekan Gawai Dayak pastinya akan menarik perhatian para wisatawan untuk berkunjung sehingga dapat menghidupkan UMKM-UMKM yang ada disekitar lokasi acara.


"Kami mewakili Kapolda Kalbar, juga mengucapkan selamat atas pelaksanaan Pekan Gawai Dayak Ke - 38 Tahun 2024 ini, semoga aman, lancar dan sukses," pungkas Wakapolda Kalbar.




Rizka Arabia Wulandari

×
Berita Terbaru Update