Notification

×

TK

TK

Wabup

Wabup

Sintang 1

Sintang 1

Setelah Selamatkan 5 Karyawan Disekap PT. BSL, Polres Sekadau Bersama Salpol PP Evaluasi 32 Karyawan

Selasa, 21 November 2023 | 13.08.00 WIB Last Updated 2023-11-21T06:08:01Z

Sekadau, transkapuas.com - Setelah menyelamatkan lima karyawan yang disekap di PT Bintang Sawit Lestari (BSL), Polres Sekadau bersama Satpol PP mengevakuasi 32 karyawan yang merupakan pemanen.


Kasat Reskrim Polres Sekadau, Iptu Rahmad Kartono, mengatakan saat ini pihaknya kembali mengamankan 32 karyawan PT BSL. Mereka yang diselamatkan tersebut sebagian besar berasal dari NTT, beberapa di antaranya terdapat anak-anak.


"Saat anggota kita ke TKP ada sekitar 32 orang meminta bantuan. 'Pak tolong kami, kami juga sudah tidak betah lagi di BSL'," kata Rahmad menirukan ucapan para karyawan yang ingin selamatkan itu kepada awak media, Senin malam, 20 November 2023.


Saat ini mereka telah dibawa ke Polres Sekadau. Rahmad mengatakan, pihaknya juga berkoordinasi dengan Disnakertrans terkait permasalahan tersebut. 


"Selanjutnya kita akan tanyakan kepada mereka apakah masih mau bekerja di Kalbar atau ingin kembali ke daerah asal. Nah, nanti keputusan itu ada di para pekerja sendiri. Baru nanti kita koordinasikan dengan dinas terkait," beber Rahmad. 


Para karyawan saat berbincang dengan Kasat Reskrim mengaku hingga saat ini belum menerima gaji. Padahal mereka datang ke perusahaan sekitar 21 Oktober 2023 lalu. Bahkan, saat meminta gaji ke manajemen justru mereka mendapat perlakuan yang tidak mengenakan.


"Minta maaf agak kasar sedikit bahwa kamu datang ngatur-ngatur saya di kantor saya. Saya juga kemarin sempat ngomong ini hak kami juga, Pak. Kami minta (gaji) ini hak kami karena kami kerja dulu baru minta Pak," ucapnya. 

×
Berita Terbaru Update