Notification

×

Gawai Dayak (Pemda)

Gawai Dayak (Pemda)

Gawai Dayak (DPRD)

Gawai Dayak (DPRD)

Gawai Dayak (PH)

Gawai Dayak (PH)

Gawai Dayak stg (3)

Gawai Dayak stg (3)

GAWAI Dayak stg (2)

GAWAI Dayak stg (2)

Gawai Dayak stg (1)

Gawai Dayak stg (1)

Gawai Dayak stg (4)

Gawai Dayak stg (4)

Gawai Dayak DTG (5)

Gawai Dayak DTG (5)

Pasar Murah di Sekadau, Pemprov Kalbar Sediakan 8 Ton Beras, 1,5 Ton Gula Pasir dan 1,5 Ton Minyak Goreng

Kamis, 30 November 2023 | 15.28.00 WIB Last Updated 2023-11-30T08:28:59Z


Sekadau, transkapuas.com - Operasi Pasar Murah dalam rangka Pengendalian Inflasi Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Kegiatan dilaksanakan di pasar Lawang Kuari komplek pasar baru Jalan Panglima Naga, Kamis (30/11/2023).


Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dalam hal ini Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi dan Sumber Daya Mineral (PPESDM) provinsi Kalimantan Barat bekerja sama dengan Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan kabupaten Sekadau, dan Bulog Sanggau sebagai penyedia komoditi seperti beras, gula dan minyak goreng. Ini yang kedua setelah dilaksanakan di Sungai Ayak, Belitang Hilir.


Satu (1) paket berisi 1 kg gula merk Rose Brand, 5 kg beras merk Beras Kita, 1 liter minyak goreng merk Rose Brand.


Agus Satrio Laksono, selaku kepala bidang perdagangan dalam negeri provinsi Kalimantan Barat mengatakan kepada media bahwa Operasi pasar kali ini menyediakan 8 ton beras, 1,5 ton gula pasir dan 1,5 ton minyak goreng.


"Kami mengadakan operasi di pasar rakyat lawang kuari, kita menyiapkan beras 8 ton (1 karung 5 kg Rp. 60.000), gula pasir 1,5 ton (1 kg Rp. 14.000) dan minyak goreng sebanyak 1,5 ton (1 liter Rp. 15.000)," katanya.


"Ini kita harapkan masyarakat dapat memenuhi kebutuhannya dengan harga yang terjangkau daripada harga pasar yang saat ini dirasakan oleh derajat naik" sambung Agus Satrio Laksono.


Nanti pada tanggal 13 Desember akan diadakan di kecamatan Nanga Taman dan tanggal 14 diadakan kembali di Sekadau ini di pasar baru. Nah, harapan kami masyarakat bisa memenuhi kebutuhannya sesuai kemampuan dan kebutuhannya. Masyarakat tidak beli berlebihan, dan juga kondisi perekonomian saat ini juga tidak menentu sehingga membeli sesuai kebutuhannya.


Operasi Pasar ini dilakukan dalam menangani inflasi, bukan hanya di Indonesia namun di dunia juga rata-rata mengalami inflasi. Namun bersyukur di provinsi Kalbar sejak bulan Agustus hingga Oktober tahun ini, inflasi kita cenderung menurun. Di bulan juli kita masuk di 10 besar tertinggi inflasi se-Indonesia, tetapi di bulan Oktober kita peringkat ke 8 terendah dengan angka 2,31, harapan sampai melandai capai dibawah angka 2, bahkan mencapai angka 1 inflasinya.


"Dan kami menghimbau masyarakat, silahkan memenuhi sesuai kebutuhannya yang diperlukan dan mengonsumsi makanan tidak berlebihan," tutur Agus.


Sementara itu, Kepala bidang perdagangan kabupaten Sekadau, Y. Sudarsono mengucapkan terima kasih kepada Disperindag ESDM provinsi Kalbar telah bekerjasama dengan Bulog Sanggau untuk melakukan operasi pasar di kabupaten Sekadau.


"Saya mengucapkan terima kasih kepada Disperindag ESDM provinsi Kalbar telah bekerjasama dengan Bulog Sanggau untuk melakukan operasi pasar di kabupaten Sekadau," ucapnya.


"Adapun kegiatan ini dalam rangka penanganan inflasi sehingga daya beli masyarakat meningkat, terjangkau dan mampu untuk memenuhi kebutuhannya" ungkap Sudarsono 


Dikatakan dia, Selanjutnya, mudah-mudahan bisa diadakan lagi, info terakhir yang saya dapat dari ketua perum Bulog Sanggau, Hendra Dionisius, akan dilaksanakan kembali pada tanggal 7 Desember di pasar baru ini lagi, ditanggal 13 diadakan di kecamatan Nanga Taman dan 14 di Sekadau Hilir.


Dihimbau untuk masyarakat hadir, adapun komoditi yang ada di operasi pasar ini seperti biasa, beras, gula, minyak goreng. Harapan kepada untuk bisa hadir belanja.


"Pada tanggal 7 ini Pemkab sekadau bekerja sama dengan Bulog Sanggau menyediakan 1500 paket, namun bisa diupayakan lebih karena antisipasi masyarakat banyak yang datang." Tutup kabid (sy)

×
Berita Terbaru Update