Notification

×

Gawai

Idul Adha

Idul Adha

Iklan DPRD Sekadau, Hari Buruh

Iklan DPRD Sekadau, Hari Buruh

Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM). Berbasis Safety Training Kapal Layar Motor

Kamis, 30 November 2023 | 15.33.00 WIB Last Updated 2023-11-30T08:33:17Z


Aceh Timur, transkapuas.com - Dalam Kegiatan hari ini untuk masyarakat khususnya Aceh timur yang dihadiri oleh 5 desa dan program yang bagus ini untuk mengembangkan bagaimana tata cara kelautan dan pelayaran yang sangat penting bagi masyarakat khususnya Aceh timur dan menjadi kan motivasi dan inspirasi perkembangan, Kamis 30 November 2023.


Yang hadir dalam acara tersebut  KKP Langsa Yang memberi masukan kepada masyarakat khususnya Aceh timur yang hadir beberapa desa tersebut dan para peserta dengan baik dan penuh semangat mengikuti kegiatan yang dilakukan oleh panitia tersebut.


 Kemaritiman dan Investasi,  mengatakan, dalam mewujudkan kedaulatan dan kejayaan maritim, perlu adanya rencana tata ruang wilayah nasional terintegrasi berwawasan nusantara.


Menurutnya, dengan mengoptimalkan potensi sumber daya maritim, menjadi poros penting pelayaran dunia, jalur utama telekomunikasi nasional dan global, pusat blue carbon dan energi terbarukan dari laut menjadi aspek penting dalam mewujudkan kedaulatan dan kejayaan maritim Indonesia.


Indonesia memiliki visi yang besar pada tahun 2045. Indonesia ditargetkan dapat keluar menjadi negara berpendapatan tinggi. Namun tidak hanya itu, Indonesia juga berkeinginan untuk menjadi Pusat Peradaban Maritim Dunia. Untuk mewujudkan visi tersebut bukanlah hal yang mudah. Kita butuh tumbuh di kisaran 6 persen, dari pertumbuhan saat ini di kisaran 5 persen. Merealisasikan potensi di sektor maritim menjadi kunci, dalam acara hari ini Spatial Planning and Services Expo 


Dengan menjelaskan, potensi tersebut masih belum dioptimalkan sepenuhnya. Jika merujuk pada Sejarah, karakter Indonesia sebagai bangsa maritim didahului oleh para pendahulu, yang telah mendedikasikan diri berjuang melalui diplomasi politik selama lebih dari 25 tahun.


Dengan demikian kita dapat melihat potensi kelautan dan pelayaran yang ada di Aceh ini sangat strategis sekali untuk masyarakat khususnya Aceh timur biar menjadi terbaik kedepannya.


Ia pun menekankan bahwa estafet Deklarasi  dalam penataan ruang laut dan wilayah sama pentingnya dengan penataan ruang darat.


Perspektif perencanaan pembangunan dan penataan ruang nasional mulai dibenahi untuk lebih menyesuaikan diri terhadap karakter Bangsa Maritim, dan menghadirkan kembali cakrawala pandang eksternalitas yang sejalan dengan wawasan geopolitik, geostrategi, dan geoekonomi Indonesia.


"Dengan modal yang dimiliki dan visi ke depan untuk menjadi Pusat Peradaban Maritim Dunia, sudah saatnya kita mengoptimalkan potensi sumber daya maritim bagi kemakmuran, keberlanjutan, dan kedaulatan. Tidak hanya itu, Indonesia juga harus mampu mewujudkan diri sebagai jalur dan poros penting pelayaran, telekomunikasi dan energi bagi dunia," pungkas nya


Zainal Abidin pjt

×
Berita Terbaru Update