Notification

×

TK

TK

Wabup

Wabup

Sintang 1

Sintang 1

Ciptakan Pemilu Damai, Subandrio: Ada Tiga Faktor Untuk Ciptakan Pemilu Damai

Senin, 13 November 2023 | 16.29.00 WIB Last Updated 2023-11-14T04:36:29Z

Sekadau, transkapuas.com - Wakil Bupati (Wabup) Sekadau, Subandrio menghadiri acara Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif di Hotel Vinca Borneo Sekadau, Senin (13/11/2023).


Kegiatan ini mengangkat tema 'Penguatan peran masyarakat dalam pengawasan pemilu menjelang pemilihan umum tahun 2024.


Ketua Bawaslu Sekadau, Marikun menyampaikan berdasarkan IKP yang telah diliris beberapa bulan lalu, Kabupaten Sekadau masuk 5 besar Kasus money politik.


"Berkaitan dengan pemilu ini kami mengajak seluruhnya agar kita sama-sama melaksanakan pesta demokrasi di tahun 2024 ini berjalan dengan baik aman lancar dan kondusif," ucap Marikun.


"Berkaitan dengan IKP yang telah dirilis beberapa bulan yang lalu, tepatnya di bulan Agustus kemarin, Kabupaten Sekadau secara nasional masuk ke 5 besar, atau nomor 4 di seluruh Indonesia. Maka kami dari Bawaslu mengajak semua masyarakat agar kita sama-sama menyikapi masalah ini," tambahnya.


Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Wabup Sekadau dalam sambutannya menyampaikan ada tiga faktor untuk mensukseskan pemilu.


"Ada tiga faktor yang bisa mensukseskan pemilu yaitu:

1. Penyelenggaraan pemilu, KPU, PPK, PPS dan KPPS;

2. Peserta pemilu , partai politik dan caleg; dan

3. Pengawasan pemilu," kata Subandrio, mantan ketua KPU kabupaten Sekadau 2 periode ini.


"Kalau tiga faktor ini dijalankan dengan baik, maka saya yakin Pemilu ada berjalan dengan damai," tambah Wabup.


Wabup juga menyampaikan pemerintah daerah sangat menyambut baik kegiatan tersebut.


"Pemerintah daerah menyambut baik kegiatan ini, karena yang sudah disampaikan beberapa waktu lalu bahwa tidak lama lagi akan memasuki tahapan kampanye. Pemilu merupakan agenda nasional yang kita laksanakan setiap lima tahun sekali, untuk kita memilih pemimpin baik tingkat pusat maupun tingkat nasional," kata Wabup.


Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pembacaan deklarasi damai dan penandatanganan deklarasi pemilu damai kabupaten Sekadau oleh wakil bupati Sekadau, Bawaslu Sekadau, KPU Sekadau, Kapolres Sekadau, Dandim Sanggau Sekadau dan perwakilan partai politik. (Sy)


×
Berita Terbaru Update