Notification

×

Gawai Dayak (Pemda)

Gawai Dayak (Pemda)

Gawai Dayak (DPRD)

Gawai Dayak (DPRD)

Gawai Dayak (PH)

Gawai Dayak (PH)

Gawai Dayak stg (3)

Gawai Dayak stg (3)

GAWAI Dayak stg (2)

GAWAI Dayak stg (2)

Gawai Dayak stg (1)

Gawai Dayak stg (1)

Gawai Dayak stg (4)

Gawai Dayak stg (4)

Gawai Dayak DTG (5)

Gawai Dayak DTG (5)

Bupati Sekadau Hadiri Deklarasi ODF Desa Tamang

Senin, 13 November 2023 | 20.49.00 WIB Last Updated 2023-11-20T09:53:03Z


Sekadau, transkapuas.com - Bupati Sekadau, Aron.SH  menghadiri kegiatan Deklarasi Open Defecation Free (ODF) Desa Tamang, Kecamatan Nanga Mahap, Kabupaten Sekadau. Senin (13/11/2023). 


Dalam Sambutan  Bupati Sekadau, Aron mengatakan Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau mengapresiasi Pemerintah Desa dan masyarakat atas dideklarasikannya Desa Tamang menjadi Desa ODF. 


Desa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) akan dapat diwujudkan salah satunya melalui deklarasi ODF atau stop buang air besar sembarangan.


"Dengan ODF dapat menurunkan kejadian penyakit berbasis lingkungan diantaranya penyakit diare, thypoid, kecacingan dan lain-lain. Penyakit-penyakit tersebut dapat menjadi penyebab timbulnya kondisi stunting pada bayi dan balita," kata Aron.


Aron juga mengatakan, tujuan yang ingin dicapai dari STBM adalah terwujud kondisi sanitasi total melalui pemberdayaan masyarakat, di mana seluruh komponen masyarakat mampu melaksanakan lima pilar STBM.


"Desa ODF merupakan cikal bakal terwujudnya Kabupaten sehat. Kabupaten sehat sendiri dimaknai sebagai suatu kondisi kesehatan yang bersih, nyaman dan aman untuk dihuni," paparnya.


"Saya berharap dengan dideklarasikannya Desa Tamang menjadi desa ODF dapat memicu dan memotivasi desa-desa lainnya di Kecamatan Nanga Mahap yang belum ODF," tambah Aron.


Hadir Anggota DPRD Kab. Sekadau, SKPD di lingkungan Pemerintah Daerah Kab. Sekadau, Camat Nanga Mahap, Polsek Nanga Mahap, Danramil Nanga Mahap, Kades Tamang, Ketua Panitia, Tamu Undangan dan masyarakat Desa Tamang. (Sy)

×
Berita Terbaru Update