Notification

×

TK

TK

Wabup

Wabup

Sintang 1

Sintang 1

Pesantren Dayah Nurul Islam Babah Buloh Selenggarakan Kegiatan Munadharah Santri

Sabtu, 28 Oktober 2023 | 12.57.00 WIB Last Updated 2023-10-30T06:01:21Z


Aceh timur, transkapuas.com - Pesantren Dayah Nurul Islam Babah Buloh menyelenggarakan kegiatan Munadharah Santri, acara munadharah berlangsung di Halaman Dayah Nurul Islam pada Sabtu malam (27/10/2023).


Kegiatan Munadharah diselenggarakan sebagai agenda penutupan MQK Dayah Nurul Islam tahun 1445 H, yang sebelumnya ada beberapa kegiatan perlombaan santri antar Qabilah di Dayah Nurul Islam, Babah Buloh, Sawang, Aceh Utara. 


Peserta Munadharah dibina dan dibimbing langsung oleh Team Lajnah Bahtsul Masail (LBM) Dayah Nurul Islam. Adapun tema dalam kegiatan Munadharah Santri yang akan dijadikan sebagai objek Munadharah, tentang Transaksi Dari Sumber Harta Yang Bercampur Dengan Harta Haram. 


“Munadharah Santri merupakan tradisi dari dayah-dayah Aceh. Tradisi ini akan terus dirawat bersama sebagai wadah untuk mengasah pemikiran santri dalam memahami berbagai nas kitab dalam menetapkan suatu permasalahan hukum.” ujar Tgk. Muhajir Usman selaku Sekretaris Panitia Kegiatan


Guru mushahhih pada acara Munadharah kali ini terdiri dari 3 orang, yaitu Abi Rusydi di Balee, Waled Muhammad Nasir, Waled Safwadi. Mubahasah diikuti oleh Mahasantri yang berjumlah sebanyak 10 orang, yang mana mereka merupakan Mahasantri berprestasi pada ajang perlombaan sebelumnya disetiap semester. 


"Mahasantri yang menjadi peserta munadharah terlihat begitu antusias dan aktif ketika menyampaikan hujjah mereka. Diskusi berlangsung alot, ada yang mengkritisi argument team Munadharah lainnya, ada yang mencoba memperkaya referensi, dan juga ada yang berusaha untuk mencari makna tersirat dari teks kitab yang dibaca. Dengan harapan lewat munadharah ini, spirit muthala’ah Mahasantri semakin meningkat sehingga akan mampu menjadi ptaktisi fikih yang dapat memecahkan persoalan umat di masa mendatang.” tegasnya yang juga Sekretaris LBM Dayah Nurul Islam.


Panitia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang ikut berpartisipasi dalam menyukseskan acara ini. Beliau berharap kedepannya semakin sukses dan juga berkembang. 


“Kami sangat berterima kasih kepada guru-guru kami dan juga para donatur atas partisipasinya dalam menyukseskan acara ini. Kami sangat bangga dan kagum dengan kinerja dan kekompakan dari anggota LBM dan juga bangga dengan semangat para peserta. Kami berharap kedepan acara ini semakin sukses dan juga berkembang.” tutupnya.


Zainal Abidin pjt

×
Berita Terbaru Update