Notification

×

Iklan DPRD Sekadau, Hari Buruh

Iklan DPRD Sekadau, Hari Buruh

Bupati Kapuas Hulu Buka Gawai Dayak Ketemenggungan Seberuang Ensilat

Kamis, 06 Juli 2023 | 17.18.00 WIB Last Updated 2023-07-06T10:18:51Z

 


Kapuas Hulu,transkapuas.com - Bupati Kapuas Hulu Franciskus Diaan,SH membuka Gawai Dayak Ketemenggungan suku Dayak Seberuang Ensilat yang dilaksanakan di Desa Rumbih Kecamatan Silat Hilir Kabupaten Kapuas Hulu pada Rabu (5/7/2023).


Kegiatan Gawai Dayak Ketemenggungan Seberuang Ensilat tersebut dilaksanakan dari tanggal 5 - 8 Juli 2023.


Pada kesempatan tersebut Bupati Kapuas Hulu bahwa acara Gawai Dayak adalah bentuk syukur kepada Tuhan, mensyukuri atas hasil kerja baik itu bertani, berkebun dan lain sebagainya.


"Dan kita memohon kepada Tuhan agar pekerjaan kita, upaya dan usaha kita kedepannya diberkati oleh Tuhan", kata Bupati Franciskus Diaan.


Bupati Kapuas Hulu yang akrab di sapa Bang Sis juga menekankan kepada para generasi muda bagaimana meneruskan dan melestarikan serta memperkenalkan adat budaya yang ada di suku Dayak Seberuang Ensilat.


"Kedepannya para orang tua kita ini perlu berbagi pengalaman, memberikan ilmu kepada anak muda supaya adat budaya suku Dayak Ketemenggungan Seberuang Ensilat tidak tergerus zaman dan jangan sampai punah serta jangan sampai musnah, karena inilah yang paling berharga warisan nenek moyang kita,para leluhur kita", jelas Sis.


Bupati Kapuas Hulu Franciskus Diaan juga merasa bangga karena dalam penyambutan melibatkan anak muda.


Ditempat yang sama  Temenggung Suku Dayak Seberuang Ensilat Lawan mengatakan bahwa ini acara Gawai Dayak Ketemenggungan yang ketiga kalinya.


"Sebenarnya Gawai Dayak Ketemenggungan Suku Dayak Ketemenggungan Seberuang Ensilat ini kali ketiganya yang dilaksanakan di Desa Rumbih, ditahan 2000,2021 dan 2022 tidak ada karena terkendala Covid-19 dan untuk tahun 2024 nanti Gawai Dayak Ketemenggungan dilaksanakan di Desa Nanga Nuar", jelas Temenggung Dayak Seberuang Ensilat panjang lebar.


Perayaan Gawai Dayak diadakan sebagai bentuk rasa syukur atas hasil panen yang melimpah dari masyarakat adat Dayak kepada Sang Pencipta.


Reporter : K. Robenson

×
Berita Terbaru Update