Notification

×

Iklan DPRD Sekadau, Hari Buruh

Iklan DPRD Sekadau, Hari Buruh

Pelepasan Peserta Paud Hati Mulia Sepan Lebang 2022/2023

Kamis, 15 Juni 2023 | 14.07.00 WIB Last Updated 2023-06-17T07:09:26Z

 


Sintang,transkapuas.com - Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan pendidikan yang sangat mendasar dan strategis karena masa usia dini merupakan ”golden age” atau masa emas untuk meletakkan dasar bagi pertumbuhan dan perkembangan anak di masa mendatang. PAUD ini bertujuan membantu mempersiapkan anak didik dalam kesiapan belajar (akademik) ke jenjang pendidikan  formal yakni Sekolah Dasar, Mengingat pentingnya pendidikan anak usia dini ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sintang telah menetapkan PAUD sebagai bagian penting yang tidak terpisahkan dari keseluruhan sistem pendidikan nasional kita.


Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Hati Mulia dengan akta notaris : 25 tahun 2017 ijin operasional Dinas : 421.1/083/DISDIKBUD-D/Tahun 2017 NPSDN :69985700 yang beralamat di Desa Sepan Lebang Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang melaksanakan pelepasan siswa-siswi peserta didik tahun ajaran 2022/2023 di gedung Paud Hati Mulia  pada Kamis,(15/6/2023).


Acara pelepasan siswa Paud Hati Mulia Sepan Lebang diberi tema " Dengan Semangat Pelajaran Pancasila Tumbuh Sehatlah Generasi Emas Cerdas Berkarakter Akhlak Mulia" dihadiri oleh Kepala Desa Sepan Lebang Yulius Slamet, Kepala Sekolah Paud Hati Mulia Agus Budiman,S. Pd.K, Dewan guru Paud Hati Mulia dan orang tua/wali murid serta tamu undangan lainnya.


Kepala sekolah Paud Hati Mulia Agus Budiman,S. Pd.K dalam sambutannya menyampaikan bahwa untuk ajaran tahun 2024 akan menghadapi peningkatan akreditasi atau standar pendidikan yang ditentukan oleh Dinas Pendidikan pusat kementerian pendidikan.


"Puji Tuhan untuk Paud Hati Mulia Sepan Lebang,pada saat ini kita sudah mendapatkan terakreditasi C dan tidak mudah untuk mendapatkan akreditasi C tersebut karena Paud kita ini di mulai dari nol dan untuk tenaga pengajar dalam hal ini guru Paud Hati Mulia sudah mendapatkan banyak sertifikat atau piagam yang didapatkan dari Dinas Pendidikan serta mereka terkhususnya guru yang mengajar di sini sudah mengikuti kursus dan pelatihan-pelatihan",jelas Kepsek Paud Hati Mulia.


Agus Budiman,S.Pd. K menambahkan bahwa masih banyak kekurangan-kekurangan yang ada di Paud Hati Mulia.


"Masih sedikitnya alat peraga pembelajaran,karena hal tersebut untuk mendukung proses belajar mengajar yang ada di sini", tambahnya.


"Sekarang kita sudah ada gedung Paud Hati Mulia tersendiri termasuk WC dan listrik,pada tahun 2017 Paud Hati Mulia baru ada izin berdiri sedangkan proses pembelajaran sudah kita laksanakan di tahun 2015", lanjut Agus Budiman.


Kepala Sekolah Paud Hati Mulia juga mengatakan semoga kedepannya Paud Hati Mulia bisa masuk di akreditasi B, mungkin kalau akreditasi A kemungkinan tidak mudah,dan sekarang pelepasan anak Paud Hati Mulia ini yaitu angkatan ke VII untuk tahun ajaran 2022/2023", kata Agus Budiman,S.Pd.K.


Kepala Sekolah Paud Hati Mulia Sepan Lebang juga mengucapkan terimakasih kepada semua yang hadir dalam acara pelepasan siswa-siswi peserta didik Paud Hati Mulia.


"Terimakasih kepada orang tua murid, Kepala Desa Sepan Lebang sehingga acara ini dapat terlaksana,puji Tuhan pengamatan hari ini bisa berjalan dengan lancar, semoga siswa kita kedepannya bisa bertambah", harap Agus Budiman.


Kepala Desa Sepan Lebang saat menyampaikan sambutannya mengatakan bahwa apa yang ditampilkan oleh anak didik merupakan suatu hal yang patut dibanggakan dan diapresiasi sekaligus membuat kita terharu,ini juga tidak lepas dari peran orang tua dan guru.


"Komunikasi orang tua dan guru berjalan dengan lancar dan ini luar biasa hebatnya sehingga kegiatan seperti ini bisa kita laksanakan", kata Kades.


Kades Sepan Lebang menambah bahwa tidak terasa anak-anak Paud Hati Mulia melanjutkan pendidikan di jenjang yang lebih tinggi yaitu ke sekolah dasar.


"Kita bisa mencapai itu apabila ibu dan bapak mengikutkan anaknya untuk masuk di Paud Hati Mulia, Saya yakin kepala sekolah dan guru-guru di sini yang sudah mendidik,mengasuh,membina seperti anak sendiri. Bahwa anak-anak kita di titip disini selama satu tahun bahkan lebih mengalami pertumbuhan yang luar biasa itu semua berkat guru-gurunya", lanjut Yulius Slamet.


Yulius Slamet yang juga sebagai Kepala Desa Sepan Lebang melanjutkan bahwa ini untuk kedua tahun dia menjabat sebagai Kepala Desa di Sepan Lebang Kecamatan Kelam Permai Kabupaten.


"Ini dua tahun berjalan saya menjabat sebagai Kades Sepan Lebang, semoga kedepannya apapun kekurangan yang ada di Paud Hati Mulia ini dapat kita anggarkan lewat Dana Desa,kita tau bahwa anggaran dana desa kita di Desa Sepan Lebang sangatlah terbatas", terang Kades Sepan Lebang.


Yulius Slamet juga mengucapkan terimakasih kepada orang tua murid yang telah menitipkan anak-anaknya di Paud Hati Mulia dan juga kepada kepala sekolah, guru yang dengan tulus, ikhlas melakukan proses mengajar sehingga Paud bisa terbentuk seperti sekarang ini.


Perwakilan dari orang tua murid Lia memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh tenaga pendidik atas bimbingan selama berada di Paud Hati Mulia Desa Sepan Lebang.


"Kami sangat menyadari bahwa betapa sulitnya mendidik anak-anak yang masih usia dini yang terkadang menguji kesabaran para guru,kami selaku orang tua tidak mampu membalas itu semua. Tapi hanya Tuhan yang akan membalas tulus ikhlas, kebaikan dilipat gandakan oleh Allah juru selamat kita", jelasnya.


"Semoga kedepannya anak-anak kami yang menempuh pendidikan di Paud Hati Mulia ini ilmunya dapat bermanfaat ke jenjang yang lebih tinggi yaitu sekolah dasar. Mari kita bersama-sama menciptakan dan mewujudkan harapan ini", pesan perwakilan orang tua murid.


Reporter : K. Robenson 

×
Berita Terbaru Update