Notification

×

Ketua DAD Kabupaten Sekadau Resmi Dilantik

Rabu, 18 Januari 2023 | Januari 18, 2023 WIB Last Updated 2023-01-19T06:36:40Z



Sekadau, transkapuas.com - Bertempat di rumah Betang Youth Center Kabupaten Sekadau Rabu (18/1/2023), Ketua umum Dewan Adat Dayak (DAD) Provinsi Kalimantan Barat, Ir. Jakius Sinyor melantik dan mengukuhkan pengurus Dewan Adat Dayak Kabupaten Sekadau periode 2022-2027 dengan Tema: ” Dayak bersatu,Dayak bermartabat dan Dayak Jaya, Motto; ” Tanah ku pantang menyerah ”


Ketua umum Dewan Adat Provinsi Kalimantan Barat, Jakius Sinyor mengucapkan selamat atas dilantiknya pengurus DAD Kabupaten Sekadau. Dalam arahannya, setelah dilantik ini segera lakukan konsolidasi dengan DAD Kecamatan sehingga semuanya bisa bergerak dalam melaksanakan tugasnya.


Jakius juga menjelaskan, ketika diundang untuk rapat dari 203 pengurus DAD Kabupaten Sekadau jangan yang datang hanya tiga empat orang saja dan itu sering saya alami ketika sebagai Ketua DAD Provinsi,” aku Jakius. Dan jangan sampai ini terjadi di kepengurusan DAD Sekadau.


Karena keberhasilan ketua DAD tidak terlepas dari dukungan semua pengurus. Tidak mungkin ketua bisa bekerja sendiri tanpa dukungan pengurus yang lain,” ujar Jakius dalam sambutannya.


DAD juga bukan hanya terfokus pada adat dan budaya saja, tetapi jauh lebih banyak lagi tugas-tugas yang harus dilakukan, misalnya membantu pemerintah dalam membangun Sekadau ini, begitu juga membantu penegak hukum dalam menjaga kamtibmas.


Jakius juga mengatakan, bahwa jumlah sub suku Dayak di Kalimantan Barat ada 118 sub suku, untuk menyatukan persepsi dari jumlah sub suku ini perlu konsolidasi yang baik, agar semuanya bisa di akomodir. Maka untuk menyatukan ini semua DAD kabupaten harus sejalan agar semuanya bisa sinkron dan tidak ada yang di anak tiri kan, semua sama,” pintanya.


Sementara, Ketua DAD Kabupaten Sekadau, Jeffray Raja Tugam, SE menyampaikan, bahwa pelantikan ini merupakan langkah awal dari perjuangan kami sebagai pengurus DAD terpilih. Dalam kegiatan nanti pihaknya akan terus menjalin komunikasi dengan semua instansi yang ada di Kabupaten Sekadau ini.


Pihaknya juga akan membuka diri bagi semua pihak untuk memberikan saran dan masukan, karena semua itu sangat dibutuhkan, demi untuk kemajuan DAD.


“Saat ini jumlah pengurus DAD Kabupaten Sekadau masa bakti 2022-2027 berjumlah 203 orang dan 70 persen di antaranya adalah dari kepengurusan DAD yang lama,” tutup Jeffray.


Pelantikan pengurus DAD Sekadau ini dihadiri Forkompinda, DAD Se kecamatan Sekadau, tokoh pemuda, tokoh agama, ormas, paguyuban dan tamu undangan lain. Sementara yang hadir mendampingi Ketua Umum DAD Provinsi Kalbar, NCH. Saiyan yang membidangi sumber daya manusia dan Abetnego yang membidangi pemuda dan keamanan. (Sy) 

×
Berita Terbaru Update