Notification

×

Gawai

Idul Adha

Idul Adha

Iklan DPRD Sekadau, Hari Buruh

Iklan DPRD Sekadau, Hari Buruh

3 Prioritas Utama Musrenbang Desa Landau Kodam

Jumat, 27 Januari 2023 | 17.51.00 WIB Last Updated 2023-01-27T10:51:29Z

 


Sintang,transkapuas.com - Musrenbang Desa adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan (stakeholder) desa untuk menyepakati rencana kerja pembangunan desa (RKP) tahun anggaran yang di rencanakan.


Pemerintah Desa Landau Kodam Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang Kalimantan Barat telah melaksanakan musyawarah pembangunan rencana desa (Musrenbang) di gedung serbaguna Mungguk Betung Jumat, (27/1/2023).


Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan sebagai implementasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes). Turut hadir dalam musyawarah, Kepala Desa Landau Kodam Romulus,S.Th berserta perangkat desa,Ketua BPD Lestika bersama anggotanya, Camat Kelam Permai yang diwakili oleh Staf Ekbang Yohanes Sanggau,S.Sos, Kapus Kebong, Babinsa Desa Landau Kodam, Ketua TP-PKK,Kader Posyandu, Kader Pembangunan Manusia (KPM), Tokoh Masyarakat, Tokoh agama, Ketua RT/RW dan Pendamping Desa.


Musrenbang ini melibatkan semua komponen masyarakat, untuk menyetujui dan menyepakati skala prioritas pembangunan yang diajukan untuk tahun selanjutnya. Yang mana rencana pembangunan tersebut dibiayai oleh berbagai sumber dana baik itu ADD, Dana Desa, Pendapatan Asli Desa, dan sumber dana lainnya.


Dalam Sambutannya Ketua BPD Desa Landau Kodam Lestika mengharapkan apa yang menjadi usulan dapat terakomodir.


"Semoga dua atau tiga usulan yang telah disampaikan dapat terakomodir", jelasnya singkat.


Kepala Desa Landau Kodam Romulus,S.Th Dalam sambutannya menyampaikan bahwa pembangunan di Desa Desa Landau Kodam akan berjalan dengan baik apabila kita baik dari Pemerintah maupun unsur-unsur masyarakat dapat bekerjasama dengan baik, saling bahu membahu serta saling bertukar pikiran dalam memberikan solusi terbaik untuk pembangunan di Desa Landau Kodam.


"Alur atau tahapan musyawarah ini atas dasar kajian, evaluasi dan analisa Tim penyusun RKPDes yang sudah dibentuk,saya selaku kepala desa sudah menerima hasil pencermatan TIM RKPDes pembangunan apa yang sudah dilaksanakan, sedang dilaksanakan dan yang tidak bisa dilaksanakan,sebagai evaluasi kami, perlu dipahami oleh semua lapisan masyarakat dan sticholder yang ada di desa Landau Kodam bahwa selama tiga tahun ini kita anggaran Dana Desa sesuai regulasi diprioritaskan untuk penangan pandemi,mudah mudahan anggaran yang kita terima bisa dimaksimalkan sesuai rencana pemerintah desa, sebagai rujukan dari Musrenbang ini", jelasnya panjang lebar.


Yohanes Sanggau,S.Sos Staf Ekbang yang mewakili Camat Kelam Permai mengatakan kepada seluruh masyarakat agar tidak bosan dalam melakukan kegiatan Musrenbang yang merupakan kegiatan rutinitas pemerintah dalam melakukan pembangunan.


“Sama-sama kita saksikan bahwa harapan di Musrenbang itu harus kita laksanakan setiap tahun dan bapak ibu jangan pernah bosan dan jangan pernah mengeluh karena jika tidak ada pelaksanaan Musrenbang ini maka tidak ada dasar bagi Pemerintah untuk melaksanakan pembangunan di desa ini,” ucapnya.


Lanjut Yohanes Sanggau menyampaikan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Tingkat Desa merupakan forum musyawarah tahunan di tingkat desa untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di desa.


“Untuk itu jangan pernah bosan bosan menyampaikan aspirasi, dalam usulan progam prioritas. Inilah bapak ibu supaya selalu rajin bersama-sama dan gigih untuk ikut mengawal dan mengikuti selalu apa yang telah diusulkan dalam Musrenbang ini,” imbuhnya


Pendamping Lokal Desa (PLD), Heronimus, menyampaikan materi sebagai upaya penjelasan maksud dan tujuan pelaksanaan musrenbang desa. Artinya perencanaan pembangunan desa sudah pada rekomendasi tingkat keutuhan masyarakat di Desa. 


Ada beberapa indikator dalam penilaian prioritas program dan kegiatan yang akan didiskusikan terkait rancangan RKPDes, yang paling utama adalah kewenangan desa tanpa berbenturan pada regulasi serta berpedoman pada prioritas arah kebijakan pemerintah.


"Tahun 2023 ini, desa tetap menganggarkan BLT. Namun BLT kali ini adalah percepatan penghapusan masyarakat ekstrem," ungkap Edon sapaan akrab PLD ini.


"Serta banyak lagi prioritas pembangunan di desa tanpa menghilangkan kewenangan desa, seperti halnya program ketahanan pangan, pengendalian inflasi dan mitigasi dampak inflasi daerah serta pencegahan dan penanganan stunting di desa, serta kegiatan-kegiatan prioritas lainnya," jelas Heronimus.


Hasil dari musrenbang tersebut menghasilkan suatu RKPDes tahun 2024 serta DURKP yang nantinya akan dibahas dalam musrenbang tingkat Kecamatan, diantaranya : 

1.Normalisasi Sungai sepanjang 8 km di dusun engkaras,

2.Peningkatan jalan dari dusun endap ke dusun engkaras permai 3 km,dan

3.Adanya Tower Mini di dusun engkaras.


Musyawarah Rencana Pembangunan Desa atau yang biasa disebut musrenbangdes berjalan sesuai rencana dan dapat diterima oleh semua pihak.



Reporter : K. Robenson

×
Berita Terbaru Update