Notification

×

TK

TK

Wabup

Wabup

Sintang 1

Sintang 1

Ribuan Umat Katolik Padati Acara Peresmian Gereja Agung Paroki St. Petrus Dan Paulus Sekadau

Rabu, 19 Oktober 2022 | 13.32.00 WIB Last Updated 2022-10-19T07:19:31Z
Foto: Bupati Sekadau, Aron, SH dan Usaha Sanggau, Mgr. Julius Gullio Mancucini, C.P Menandatangani prestasi Gereja Agung Sekadau


Sekadau, transkapuas.com -  Bupati Sekadau, Aron bersama wakil bupati Sekadau, Subandrio beserta rombongan menghadiri acara peresmian Gereja Agung Paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau di jalan Mereka Barat Sekadau, Rabu (19/10/2022).


Ribuan umat Katolik Kabupaten Sekadau padati areal Gereja Agung  Paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau dari berbagai daerah. 


Acara diawali dari penyambutan Bupati beserta rombongan, pengalungan slempang kepada para undangan dan tarian. 


Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan pancung buluh muda oleh bupati Sekadau dan injak tanah oleh Uskup Sanggau Mgr. Julius Gullio Mancucini, C. P dan dilanjutkan dengan pembukaan tirai plang nama Gereja Agung Sekadau yang dilakukan oleh bupati dan wakil bupati Sekadau. 


"Dengan memanjakan puji syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa, saya dan wakil bupati Sekadau secara resmi membuka tirai plang nama Gereja Agung ini," ucap Aron. 


Selanjutnya Acara dilanjutkan dengan tarian iringan bupati beserta rombongan menuju ke Gereja. 


Sebelum pemberkatan Gereja, bupati Sekadau dan Uskup Sanggau menandatangani prasasti Gereja. Dan acara dilanjutkan dengan pemotongan pita oleh anggota DPR RI Lasarus. 


"Karena dipercaya untuk memotong pita ini, maka dengan rahmat Tuhan yang Maha Kuasa, pita Gereja Agung ini saya gunting, Demi Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus Amin," ucap Lasarus. 


Selanjutnya acara dilanjutkan dengan doa pemberkatan Gereja yang dipimpin oleh uskup Sanggau dan dilanjutkan dengan Misa Peresmian Gereja Agung. 


Selesai Misa, mengawali sambutanya, bupati sekadau Aron, mengucapkan selamat atas peresmian Gereja Agung Paroki St. Petrus dan Paulus Sekadau. 


"Atas nama pemerintah daerah kami ucapkan selamat atas peresmian Gereja Agung kepada umat paroki Santo Petrus dan Paulus  Kabupaten Sekadau," ucapnya. 


Dikatakan Bupati, atas pembangunan Gereja ini tentu sangat membutuhkan pengorbanan waktu, tenaga dan pikiran dan biaya. 


"Semoga dengan berdirinya Gereja ini semakin mengokohkan tekat kebhinekaan negara kita, walaupun berbagai etnis dan agama di kabupaten Sekadau. Tentunya kita mengharapkan satu tujuan yakni membangun negeri junjungan kabupaten Sekadau," sambungnya. 


"Di samping pertemuan kita pada hari ini, tentu sudah jelas memperlihatkan betapa kuatnya kesatuan dan persatuan kita sehingga tertanam semangat kekeluargaan dan kebersamaan untuk terwujudnya keharmonisan hidup bermasyarakat," papar Bupati panjang lebar.


Dalam peresmian rumah ibadah terbesar bagi umat Katolik di kabupaten Sekadau ini turut hadir sejumlah pejabat provinsi Kalimantan Barat dan tokoh agama kabupaten diantaranya, Anggota DPR RI, DPRD provinsi kalbar, ketua dan anggota DPRD kabupaten Sekadau, Anggota DPRD kabupaten Sanggau, wakil bupati Sekadau, wakil bupati Sanggau, Sekda Sintang, perwakilan pejabat Pemprov Kalbar dan undangan lainnya.  (Sy) 


×
Berita Terbaru Update