Notification

×

Iklan Kampanye Kades

Kades Tp. Perodah

Kades Tp. Perodah

September 2022 Di Desa Sepan Lebang 100% Akan Ada WC

Selasa, 30 Agustus 2022 | Agustus 30, 2022 WIB Last Updated 2022-08-30T13:56:45Z



Sintang ,transkapuas.com - Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitar, Tim Verifikasi Desa ODF dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang  didampingi Kepala UPTD Puskesmas Kebong melakukan Verifikasi Desa ODF (Open Defecation Free) dan STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) serta Survei terkait masalah WC di 3 dusun yaitu Dusun Beririk,Dusun Sepan Memikat dan Dusun Cemara yang ada Desa Sepan Lebang Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang, Selasa (30/8/2022).

Kepala UPTD Puskesmas Kebong yang diwakili oleh Rika Yuliana,S.K.M mengatakan agar Desa  bisa dinyatakan ODF bila semua masyarakat telah BAB hanya di jamban dan membuang tinja/kotoran bayi hanya ke jamban,tidak terlihat tinja manusia di lingkungan sekitar.

“Dengan ada nya Kegiatan Verifikasi Desa ODF  serta Survei ini mengajak warga sadar akan hidup bersih dan sehat, dengan kemauan untuk membuat WC atau jamban sehat keluarga di setiap rumah,” kata Rika Yuliana.

Untuk itu Kepala UPTD Puskesmas Kebong berharap, dengan adanya kegiatan Verifikasi Desa ODF serta Survei terkait WC  di Desa Sepan Lebang ini memberikan kesadaran akan pentingnya membuat WC.

"Beberapa hari yang lalu kami ada ke desa untuk mengetahui data,siapa saja yang benar-benar tidak memiliki wc"terangnya.

"Hasil verifikasi tersebut akan kita sampaikan pada saat pleno, sedangkan untuk yang masih bersama KK nya dalam satu rumah namun mereka memiliki wc itu tidak masalah karena tidak buang air besar sembarangan"jelas Rika Yuliana,S.K.M yang juga mewakili kepala UPTD Puskesmas Kebong.

Kepala UPTD Puskesmas Kebong berharap kedepannya Desa Sepan Lebang bisa mendeklarasikan diri menjadi desa ODF di Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang.


Hadir Tim Verifikasi dari Dinkes kabupaten Sintang,Kepala UPTD Puskesmas Kebong yang diwakili oleh Rika Yuliana,S.K.M, Tenaga Kesehatan Desa, Kepala Desa Sepan Lebang Yulius Selamet berserta perangkat desa,Ketua BPD Agus Budiman,S.Pd.K dan anggotanya, Babinsa, Babinkamtibmas dan Kader posyandu Desa Sepan Lebang Kecamatan Kelam Permai.

Kepala Desa Sepan Lebang menyampaikan bahwa pihaknya akan segera menyelesaikan beberapa KK yang belum memiliki wc.

"Kita akan segera ke rumah-rumah warga untuk memberikan informasi tentang pentingnya warga untuk memiliki wc"jelas Kades.

Yulius Selamet juga menambahkan bahwa pihak pemerintah Desa bersama BPD Desa Sepan Lebang akan menyelesaikan WC tersebut dalam waktu 1 bulan.

"Sabtu ini saya ke Sintang,dan berbelanja untuk bahan-bahan yang digunakan untuk pembangunan WC bagi warga/KK yang belum ada dan saya pastikan dalam waktu 1 bulan berjalan yaitu bulan september mendatang semua WC yang belum ada akan memiliki wc semua"

"Bagi warga masyarakat saya terutama yang cacat seperti Indah karena tidak memiliki kaki dan istrinya bisu(tunawicara) kita akan berusaha bantu mereka"jelas Kades panjang lebar.

Ketua BPD Desa Sepan Lebang Agus Budiman,S.Pd.K juga menambahkan dan menegaskan akan membuat agenda khusus dan akan memanggil bagi KK/warga yang belum memiliki wc.

"Bagi kita semua terkhususnya bagi kita BPD termasuk juga Hansip, RT/RW dan juga kawan-kawan perangkat desa sampaikan ke warga untuk bisa segera mungkin untuk membuat wc,ini adalah perintah"tegas Ketua BPD Agus Budiman.

Kepala Dusun Beririk Irang juga mendukung sepenuhnya program atau agenda yang akan dilakukan oleh pemerintah Desa Sepan Lebang terkait dengan percepatan pembuatan wc untuk warga masyarakat.

Verifikasi Desa ODF tersebut juga dimaksudkan untuk memastikan adanya perubahan perilaku masyarakat, terutama mengenai sanitasi dan stop buang air besar di sembarang tempat.

Seperti diketahui, Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) Mempunyai 3 Pilar diantaranya Stop Buang Air Besar Sembarangan (Stop BABS), Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS),dan Pengelolaan Air Minum Rumah Tangga (PAM-RT).

Reporter:K.Robenson.

×
Berita Terbaru Update