Notification

×

Selamat datang presiden RI

Selamat datang presiden RI

Plafon Rumah Betang Sintang Rusak, Melkianus Tegaskan Agar Langsung Diperbaiki

Kamis, 18 Agustus 2022 | 16.58.00 WIB Last Updated 2022-08-18T12:13:26Z

 

FOTO: Kondisi Rumah Betang Kabupaten Sintang (Kamis, 18/8/2022)


Sintang,transkapuas.com - Wakil Bupati Sintang Melkianus meninjau kondisi Betang Jerora Satu Kamis sore, (18/8/2022).

Kunjungan yang didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Yustinus J, Kadis Perkim H. Zulkarnaen, Kepala BPKAD Iwan Setiadi, Tim Inspektorat Sintang dan pejabat lainnya meninjau kondisi plafon Betang Jerora Satu yang terjatuh akibat angina kencang.

Usai diskusi dengan jajaran Pemkab Sintang, Wakil Bupati Sintang Melkianus kepada wartawan menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Sintang akan langsung bekerja memperbaiki plafon Betang Jerora Satu yang rusak.

“Kami akan bertanggungjawab dan langsung mengambil langkah cepat. Tim kami akan langsung bekerja. Hari ini langsung mulai dan akan selesai dengan cepat dan berkualitas” terang Melkianus. 


“Selanjutnya, pemeliharaan dan renovasi akan kami anggarkan. Kami berharap Ketua DAD Kabupaten Sintang dan masyarakat untuk memberikan waktu kepada Pemkab Sintang untuk memperbaiki ini sehingga rumah Betang ini akan tetap bagus dan megah. Berikan waktu kepada kami untuk bekerja. Mari kita bekerjasama” terang Melkianus. 

FOTO: Wakil Bupati Sintang, Melkianus meninjau kondisi rumah betang Sintang (Kamis, 18/8/2022)
 
“Saya minta Dinas Perkim untuk menghitung biaya jika akan diganti dengan rangka baja ringan atau kayu. Tetapi saya pastikan, lebih baik dan lebih kuat. Kami akan berikan yang terbaik, dan belajar dari kejadian ini. Dan tidak akan sama dengan yang ada saat ini dalam hal rangkanya. Soal penambahan fasilitas lain, nanti Dinas Porapar yang akan merancangnya” tambah Melkianus.


Menanggapi pernyataan Wakil Bupati Sintang soal perbaikan plafon Betang Jerora Satu, Ketua Dewan Adat Dayak Kabupaten Sintang Jeffray Edward menjelaskan bahwa setelah mendengar ada kejadian plafon Betang yang jatuh, pihaknya langsung berkomunikasi dengan Bapak Bupati Sintang. 


“Dan respon Pak Bupati Sintang, mengatakan akan ditangani oleh Wakil Bupati Sintang. dan hari ini Bapak Wakil Bupati Sintang datang ke Betang ini bersama OPD terkait. Setelah sebelumnya beliau juga sudah memanggil OPD terkait” terang Jeffray Edward.


“Saya melihat Betang ini memang perlu penanganan yang serius lagi oleh Pemkab Sintang. Betang ini megah, tetapi ada beberapa bagian yang harus dievaluasi lagi. Kami DAD Kabupaten Sintang inikan hanya pengguna saja, sementara pengelolaan ada di Disporapar” tambah Jeffray Edward.


“Harapan saya, gedung ini layak untuk dipakai. Dilihat dari luar, Betang ini sangat megah, tetapi di bagian dalamnya masih ada yang harus dibenahi. DAD dan seluruh masyarakat harus sama-sama menjaga dan memantau bangunan ini. Fasilitas pendukung juga perlu dibangun lagi. Meskipun bertahap, saya harap akan semakin banyak fasilitas yang akan dibangun” terang Jeffray Edward.


Reporter: K. Robenson.

×
Berita Terbaru Update