Notification

×

TK

TK

Wabup

Wabup

Sintang 1

Sintang 1

Jelang Pelantikan Pengurus ATS, Panitia Pelantikan Gelar Ritual Bepadah Mantak

Jumat, 13 Mei 2022 | 09.44.00 WIB Last Updated 2022-05-13T09:50:21Z


Sekadau, transkapus.com - Ayongk Taman Sekadau (ATS) menggelar acara Bepadah Mantak yang diselenggarakan di Komplek SDN Nomor 12 Rirang Jati kecamatan Nanga Taman kabupaten Sekadau, Jum'at (13/5/2022).

Bepadah Mantah ini sendiri merupakan ritual Adat suku Dayak Taman Sekadau sebelum melakukan suatu acara atau kegiatan. 

Ketua panitia Pelantikan ATS, Tito Donatus mengatakan ritual adat Bepadah Mantak ini digelar untuk menyampaikan kepada Tuhan (Petara dan Roh Para Leluhur) bahwa akan dilaksanakan suatu acara adat menurut adat Dayak Taman Sekadau. 

"Bepada Mantak ini kita gelar karena besok kita akan melakukan kegiatan pelantikan pengurus Ayongk Taman Sekadau periode 2022-2026," kata Tito. 

Beliau juga menambahkan, ritual adat Bepadah Mantak ini wajib dilaksanakan sebelum semua acara dimulai. Hal ini untuk menyampaikan kepada Tuhan (Petara) bahwa acara akan di gelar besok hari nya. 

"Ritual ini wajib kita laksanakan sebelum acara dimulai, dan kita sampaikan kepada Petara bahwa besok kita akan mengadakan acara pelantikan Pengurus ATS, dan meminta doa kepada Petara supaya cuaca baik selama acara berlangsung," tugas Tito.

Besok tanggal 14 Mei 2022 akan digelar acara pelantikan Pengurus Ayongk Taman Sekadau di Halaman SDN Nomor 12 Rirang Jati kecamatan Nanga Taman kabupaten Sekadau yang rencananya akan dihadiri oleh Bupati Sekadau. (Sy) 

×
Berita Terbaru Update