Tinjau Wilayah Banjir Di Nanga Mahap, Ini Kata Wabup Sekadau






SEKADAU, transkapuas.com - Paska banjir yang melanda wilayah Nanga Mahap, Wakil Bupati Sekadau, Subandrio meninjau dan menyerahkan bantuan kepada masyarakat korban banjir di Kantor Camat Nanga Mahap, Selasa (25/1/2022). 

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Sekadau, Subandrio yang didampingi Sekda, Kadis Sosial, Kadis Pemdes, Kepala BPBD, Kadis KP3,   mengatakan Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau turut prihatin atas banjir yang menimpa beberapa desa di Kecamatan Nanga Mahap.

"Hari ini Pemerintah Kab Sekadau melihat langsung dampak banjir di Kecamatan Nanga Mahap dan sebagai bentuk dari perhatian Pemerintah, maka kita juga menyerahkan sejumlah paket bantuan kepada masyarakat yang menjadi korban banjir," ujar Wakil Bupati. 

Kepada 14  Kepala desa, para pendamping sosial PKH yang hadir, Wakil Bupati meminta para Kepala Desa yang wilayahnya dilanda banjir agar memberikan bantuan tepat sasaran.

"Hari ini kita hanya meninjau kondisi di desa dalam kecamatan Nanga Mahap dan mohon maaf tidak bisa ke semua desa yang terkena banjir dan  kita langsung salurkan bantuan sembako dan obat-obatan kepada masyarakat yang terdampak banjir melalui Kepala Desa yang yang wilayahnya terkena banjir, agar dibagikan kepada setiap Kepala Keluarga dan ini sifatnya bantuan dan harus tepat sasaran," tambah Wakil Bupati.

Pada kesempatan itu juga Wakil Bupati meminta agar setiap kepala Desa yang ada di Kecamatan Nanga Mahap untuk membuat database untuk kepentingan penanggulangan bencana, karena wilayah Kecamatan Nanga Mahap ini merupakan daerah rawan bencana banjir hingga mempermudah proses penyaluran bantuan dan lain sebagainya. Dan secara kebetulan pada hari ini Dinas Sosial sedang melakukan pendataan.

"Pemdes harus membuat dan  memiliki Database yang standar agar mempermudah kita untuk mengalokasikan dan mendistribusikan berbagai bantuan dari Pemerintah kepada masyarakat yang terdampak dan hari ini memang ada kegiatan untuk pendataan yang oleh Dinas Sosial," tegas Wakil Bupati.

Selain itu Wakil Bupati juga menegaskan pentingnya kordinasi dan komunikasi yang baik di antara semua fihak dalam menghadapi keadaan seperti ini.

“Saya minta agar terjalin komunikasi yang baik antara Kades, Kadus, Ketua RT-RW dan Pemerintah Kecamatan apalagi jika menghadapi situasi seperti ini, jadi mudah kita menyalurkan segala bantuan yang diperlukan oleh masyarakat,” terang Wakil Bupati.

Setelah penyerahan secara simbolis kepada 6 Kepala Desa yang terkena banjir, acara dilanjutkan dengan peninjauan lokasi pasar Nanga Mahap yang sudah surut sejak pagi hari. Turut juga hadir dalam kegiatan ini, 2 orang Anggota DPRD, Yohanes Ayub dan Lorensius Ardi Wiranata. (Tim/sy) 

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama