Notification

×

Iklan DPRD Sekadau, Hari Buruh

Iklan DPRD Sekadau, Hari Buruh

Jembatan Penghubung Desa Landau Beringin Kecamatan Kayan Hilir Terputus

Kamis, 23 Mei 2024 | 16.59.00 WIB Last Updated 2024-05-23T09:59:51Z


Sintang,transkapuas.com - Akibat intensitas hujan yang cukup lama menyebabkan debit air sungai mau menjadi besar dan deras yang mengakibatkan jembatan yang panjangnya 23 meter dan lebar 4 meter terputus pada Kamis (23/5/2024) pagi.


Saat menghubungi media online www.transkapuas.com pada pukul,11.30 wib lewat WhatsApp, Kepala Desa Landau Beringin Boy Sandi mengatakan bahwa jembatan tersebut merupakan akses penyeberangan bagi warga masyarakat Desa Landau Beringin.


"Selamat siang pak izin menyampaikan tetang kejadian di karena kan banjir melanda desa kami kemari jadi pagi ini d karenakan jembatan sudah cukup berumur maka tadi pagi sekitar jam 7 warga d hebohkan dengan hanyutnya jembatan sungai mau yang mana jembatan tersebut sudah cukup tua jadi hanyut d hantam banjir", tulis Kades lewat WhatsApp.


Keberadaan Jembatan tersebut sangat penting bagi warga karena merupakan jembatan penghubung serta bisa mempersingkat waktu dan jarak tempuh jika warga ingin berpergian. Untuk bisa menyeberangi sungai mau masyarakat melakukan kerja bakti.


"Untuk hari ini kami bersama warga desa membuat ketiti darurat untuk akses penyebrangan ke luar desa kami ke kebun ke ladang ke sintang bahkan ke kecamatan", tambah Boy Sandi.


Menurut Kepala Desa Landau Beringin Kecamatan Kayan Hilir Kabupaten Sintang bahwa jembatan tersebut sudah sangat berumur.


"Ada 20 tahun kalau tidak salah ingat", tulis Kades singkat.


"Hari ini kami kerja bakti sebelumnya memang dah agak parah maka kami kerja bakti kan teryata banjir datang lagi", lanjutnya.


Kades juga mengatakan dengan kejadian tersebut pihaknya sudah menyampaikan ke Camat Kayan Hilir.


"Untuk yang kejadian sebelum nya sudah, untuk pagi ini saya baru sampaikan ke pak Camat", tutup Boy Sandi yang juga sebagai Kepala Desa Landau Beringin.


Ditempat terpisah saat dihubungi melalui WhatsApp Camat Kayan Hilir Oktavius,S.Sos, M.Si mengatakan bahwa dirinya sudah menyampaikan ke Kades untuk segera membuat laporan terkait dengan ambruknya jembatan tersebut.


"Saya sudah bilang kadesnya agar segera buat laporan tertulis ke Bupati Tembusan ke Camat", tulis Camat Kayan Hilir singkat lewat WhatsApp.


Jembatan sebagai sarana transportasi mempunyai peranan yang sangat penting bagi kelancaran pergerakan lalu lintas. Dimana fungsi jembatan adalah menghubungkan rute atau lintasan transportasi yang terpisah baik oleh sungai, rawa, danau, selat, saluran, jalan raya, jalan kereta api dan perlintasan lainnya.


Reporter : K. Robenson

×
Berita Terbaru Update