Notification

×

Wabup

Wabup

Sintang 1

Sintang 1

Binjai Hulu Terakhir Dari 14 Kecamatan Yang Selesai Musrenbang

Kamis, 29 Februari 2024 | 16.39.00 WIB Last Updated 2024-02-29T09:39:51Z


Sintang,transkapuas.com - Sebanyak 14 kecamatan di Kabupaten Sintang selesai melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang). Kecamatan Kayan Hulu menjadi kecamatan pertama yang melaksanakan musrenbang pada 1 Februari 2024 dan diakhiri oleh Kecamatan Binjai Hulu yang melaksanakan musrenbang pada Kamis, (29/2/2024) di Gedung Serbaguna Kecamatan Binjai Hulu.


Melkianus Wakil Bupati Sintang yang hadir dan membuka Musrenbang Kecamatan Binjai Hulu menyampaikan rasa senangnya karena 14 kecamatan sudah selesai melaksanakan musrenbang.


“Dan saya hadir di 14 kecamatan yang melaksanakan musrenbang. Dan selanjutnya 6 Maret 2024, kita akan melaksanakan musrenbang tingkat Kabupaten Sintang”, terang Melkianus.


“Saya selalu mengingatkan agar kades tidak bosan mengusulkan program prioritas pembangunan di desanya melalui musrenbang. Yang dimasukan ke dalam musrenbang saja belum tentu diakomodir, apalagi tidak dimasukan ke musrenbang”, pesan Melkianus.


“Kalau kita memperhatikan usulan 391 desa dan 16 kelurahan, maka kita perlu 4 triliun per tahun hanya untuk membangun. APBD Sintang itu paling besar untuk belanja pegawai. Jumlah ASN kita 5.000 an orang. Begitu juga honorer kita juga 5.000 an orang”,terang Melkianus.


“Maka silakan usulkan skala prioritas melalui musrenbang. Namun, kami menyarankan kades untuk menjalin komunikasi dengan anggota DPRD Sintang, Provinsi dan Pusat. Pokir anggota dewan itu sah dan sesuaia undang-undang. Jalin juga komunikasi dengan investor, bisa mendapatkan alokasi CSR yang diperuntukan pembangunan di desa”, pesan Melkianus.


“Usulan desa juga wajib dientri di aplikasi SIPD dan disampaikan saat reses anggota dewan. Bisa juga melakukan komunikasi dengan pimpinan OPD di Pemkab Sintang”, terang Melkianus.


“Di Kecamatan Binjai Hulu ini ada 11 desa, 8 sudah desa mandiri dan 10 sudah ODF. Sisa 1 desa yang belum ODF. Desa mandiri bisa ditambah lagi. Saya juga mengajak kita semua untuk mencegah stunting mulai dari calon pengantin, ibu hamil dan bayi sampai usia tahun. Kita fokuskan pada 3 sasaran itu”, ajak Melkianus.


Reporter : K. Robenson

×
Berita Terbaru Update