Notification

×

Iklan DPRD Sekadau

Iklan DPRD Sekadau

Untuk Memenuhi HAM Warga Binaan, Komnas HAM Aceh Dukung Upaya Relokasi Lapas Kelas IIB Idi

Selasa, 21 November 2023 | 15.03.00 WIB Last Updated 2023-11-21T08:03:49Z

 


ACEH TIMUR, transkapuas.com - Komnas HAM Perwakilan Aceh lakukan monitoring ke Lapas Kelas IIB Idi, Selasa (21/11/2023).

 

Tim dari Komnas HAM Aceh Dipimpin langsung Oleh Ketua Komnas HAM Aceh, Bapak Sepriady Utama beserta Rombongan, Tim disambut langsung oleh Kalapas Kelas IIB Idi, Bapak Irhamuddin, A.Md.IP., S.H., M.H beserta Pejabat Struktural Lapas Idi.


Latar belakang dari kegiatan monitoring ini adalah melihat langsung bagaimana kondisi dari Lapas Kelas IIB Idi baik Bangunan Fisik maupun para Warga Binaan yang berada di Lapas Kelas IIB Idi yang notabene nya Lapas Idi memiliki Over Kapasitas di angka 650% dan juga memiliki keterbatasan fasilitas serta aksesibilitas di tempat-tempat penahanan yang dapat berpotensi menyebabkan terjadinya pelanggaran HAM. 

 

Dalam monitoring kali ini, Tim Komnas HAM menyoroti kurangnya ketersediaan Lahan yang ada di Lapas Kelas IIB Idi serta minimnya fasilitas-fasilitas pendukung program pembinaan Warga Binaan sehingga lebih rentan terhadap terjadinya Pelanggaran-pelanggaran HAM di dalam Lapas Kelas IIB Idi. 


“Kami mendukung adanya Relokasi Pembangunan Lapas baru karena Kondisi Lapas yang ada saat ini dinilai tidak memenuhi standar Hak Asasi Manusia dan tidak layak sebagai tempat penghidupan bagi Warga Binaan, Kami juga berharap adanya dukungan dari Pemerintah Daerah setempat untuk mendorong Relokasi Pembangunan Lapas baru di Daerah Aceh Timur” Kata Sepriady Utama.


Dalam kegiatan ini Tim Komnas HAM Aceh juga mengapresiasi Lapas Idi dalam hal pemenuhan hak-hak Warga Binaan seperti pemenuhan hak-hak Integrasi WBP, Pemenuhan Layanan Kesehatan WBP, Pemenuhan Layanan Makanan bagi WBP, dan juga layanan-layanan pembinaan yang dilakukan oleh Lapas Idi.


Tim juga turut meninjau area bangunan/fasilitas di Lapas yang digunakan Warga Binaan dan menyempatkan untuk berinteraksi langsung dengan WBP di dalam blok hunian guna melihat dan mendengar secara langsung keadaan WBP serta berbagai kegiatan yang ada di Lapas. 


"Kondisi bangunan seperti kamar hunian, blok hunian, klinik, dapur, Bimbingan Kemasyarakatan (Bimker), fasilitas olahraga WBP, Fasilitas Keagamaan, air bersih, makanan dan perpustakaan juga turut menjadi perhatian Tim Komnas HAM Aceh," pungkas Kalapas Kelas II B IDI Rayeuk Bapak Irhamuddin.


#KemenkumhamRI

#KumhamPasti

#KemenkumhamAceh

#Ditjenpas

#Lapasidi

#KomnasHAM

#Irhamuddin

#Semakinpasti


Zainal Abidin pjt

×
Berita Terbaru Update