Notification

×

TK

TK

Wabup

Wabup

Sintang 1

Sintang 1

Sukses Deklarasi ODF Desa Tamang, Ini Kata Kadis Kesehatan PP dan KB Kabupaten Sekadau

Selasa, 14 November 2023 | 18.10.00 WIB Last Updated 2023-11-15T02:29:33Z

Sekadau, transkapuas.com - Pemerintah Desa Tamang, Kecamatan Nanga Mahap, Kabupaten Sekadau Melaksanakan Deklarasi Open Deffecation Free (ODF) dengan lancar dan sukses pada tanggal 13/11/2023 pagi kemaren.


Hal inilah yang diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan PP dan KB, Henry Alpius, saat diwawancarai seusai Rapat Paripurna di Kantor DPRD, Selasa, 14 November 2023.


Kadiskes PP dan KB kabupaten Sekadau mengatakan bahwasanya pemerintah daerah sekarang sedang berusaha untuk melaksanakan bagaimana masyarakat berperan aktif dalam rangka menyehatkan masyarakat, terutama penanganan kesehatan lingkungan, karena lingkungan adalah sumber dan merupakan indikator utama jika masyarakat sehat.


"Maka, pemerintah daerah terutama di dalam rangka percepatan ini melibatkan masyarakat untuk menciptakan 5 Pilar STBM (Sanitasi total berbasis masyarakat, salah satunya adalah ODF atau bebas buang air besar sembarangan (BABS)." ucap Henry


Saat ini lanjut Ia, secara akses itu ada 15 persen masyarakat Kabupaten Sekadau yang masih membuang air besar sembarangan.


"Untuk itu pemda pada tahun 2024 dan 2025 ini harus dituntaskan ataupun bisa 100 persen sudah mengakses jamban dan lingkungan yang sehat." ungkapnya. (Dn/sy)

×
Berita Terbaru Update