Notification

×

Gawai Dayak (Pemda)

Gawai Dayak (Pemda)

Gawai Dayak (DPRD)

Gawai Dayak (DPRD)

Gawai Dayak (PH)

Gawai Dayak (PH)

Gawai Dayak stg (3)

Gawai Dayak stg (3)

GAWAI Dayak stg (2)

GAWAI Dayak stg (2)

Gawai Dayak stg (1)

Gawai Dayak stg (1)

Gawai Dayak stg (4)

Gawai Dayak stg (4)

Gawai Dayak DTG (5)

Gawai Dayak DTG (5)

Halmahera Barat Diguncang Gempa Magnitudo 6.6

Jumat, 24 November 2023 | 00.25.00 WIB Last Updated 2023-11-23T17:25:49Z

 


JAKARTA, transkapuas.com - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,6 mengguncang Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara, Rabu (22/11), pukul 11.48 waktu setempat. 


Menurut data perekaman yang di rilis oleh BMKG, lokasi gempa berada di 68 kilometer Barat Laut Halmahera Barat, 86 kilometer Barat Laut Jailolo, 88 kilometer Barat Laut Halmahera Utara, 112 kilometer Barat Laut Ternate. 


Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yg terjadi merupakan jenis gempa menengah akibat adanya deformasi batuan dalam slab Lempeng Laut Maluku (Intra-slab) yg tersubduksi ke bawah Pulau Halmahera. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa ini memiliki pergerakan mendatar naik (oblique thrust).


Keterangan menyebutkan gempa ini dirasakan di Halmahera Barat, Ternate, Halmahera Utara dengan intensitas III-IV, daerah Halmahera Timur hingga Pulau Morotai dengan skala intensitas III MMI. Meski pusat gempa berada di laut, namun gempa ini tidak berpotensi tsunami (BMKG). 


 Laporan terkini yang disampaikan oleh Kepala Pelaksana BPBD Halmahera Barat Ade Fabanyo, tercatat tidak ada korban jiwa maupun materi di wilayah Halmahera Barat dari peristiwa gempa ini dan masyarakat tetap beraktivitas seperti biasa pasca gempa tersebut. 

Sementara itu terdapat 1 Korban Meninggal Dunia di wilayah Kota Ternate imbas terjadinya gempa tersebut, tercatat korban meninggal dunia bernama M. Danur Sahen (22th) asal Makassar, adalah pekerja yang sedang bekerja di atas tower di Jl. Mononutu, Kelurahan Stadion, Kota Ternate, Maluku Utara. 



Abdul Muhari, Ph.D. 

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB 

SIARAN PERS BNPB


23 November 2023


508/Pers-PusdatinKK/BNPB/Dis.02.01/XI/2

023



Facebook : @InfoBencanaBNPB

Twitter : @BNPB_Indonesia

Instagram : @bnpb_indonesia

Youtube : BNPB Indonesia 


#SiapUntukSelamat

#KitaJagaAlamJagaKita

#BudayaSadarBencana

#ResiliensiBerkelanjutan

#ResiliensiBerkelanjutan

×
Berita Terbaru Update