Notification

×

TK

TK

Wabup

Wabup

Sintang 1

Sintang 1

APKL Jawa Barat Mendukung Program Kegiatan Pemerintah

Senin, 25 September 2023 | 17.35.00 WIB Last Updated 2023-09-25T10:35:04Z

 


Bandung, transkapuas.com -  Asosiasi Pedagang Kaki Lima (APKL) Jawa Barat mendukung Pemerintah Kementerian Koperasi dan Usaha, Kecil, dan Menengah (Kemenkopukm) terkait upaya pemerintah untuk menghasilkan kontribusi pertumbuhan ekonomi yang lebih optimal. Salah satu kuncinya adalah dengan memberdayakan UMKM melalui peningkatan akses permodalan usaha berupa penyediaan Kredit Usaha Rakyat (KUR).


Ketua APKL Jawa Barat, Drs. H. Ridwansyah mengatakan Peningkatan akses pembiayaan bagi UMKM selaras dengan momentum bonus demografi yang sedang dialami Indonesia sampai dengan tahun 2030 mendatang. Indonesia dapat memanfaatkan momentum ini secara optimal agar dapat bertransformasi dari negara kelas menengah menjadi negara maju.


Selain itu, Ridwan juga menjelaskan bahwa perkembangan UMKM di Jawa Barat terus meningkat dan hingga kini provinsi Jawa Barat merupakan daerah ke 3 penyumbang pendapatan Negara melalui Sektor UMKM.


"Oleh karena itu APKL Jawa Barat terus konsisten mendukung program pemerintah agar percepatan Digitalisasi UMKM di Jawa Barat dapat terus meningkat dan kedepan dengan adanya bonus demograsi maka secara pasti Indonesia akan sejajar dengan Negara china maupun Negara maju yang sejak awal mereka merintis maju melalui sektor UMKM," imbuhnya.


Namun Upaya kebijakan pemerintah perlu adanya masukan yang membangun agar segala program pemerintah di sektor UMKM dapat berjalan, maka kami sering memberikan kritik dan saran kepada pemerintah dalam penyaluran Kredit Usaha Rakyat yang secara temuan di lapangan masih banyak para pelaku UMKM dalam mengajukan Kredit KUR masih sulit akan tetapi pemerintah hingga saat ini belum adanya kebijakan khusus yang meringankan syarat perolehan kredit KUR.


Akan tetapi kami sebagai APKL Jawa Barat masih terus berkomitmen mengawal dan membantu pemerintah dalam segala program pemerintah terutama di sektor UMKM. (ril/azis)

×
Berita Terbaru Update