Notification

×

DPRD Kabupaten Sekadau

DPRD Kabupaten Sekadau

YESSY MELIANA

YESSY MELIANA

MTQ DPRD kabupaten Sekadau

MTQ DPRD kabupaten Sekadau

Bahaya, Simpang Empat Kelam Permai Tidak Miliki Tugu

Jumat, 04 Agustus 2023 | 12.10.00 WIB Last Updated 2023-08-04T05:10:03Z


Sintang,transkapuas.com - Tugu atau monumen yang ada di persimpangan jalan punya beberapa fungsi, seperti: Fungsi lalu lintas. Tugu perempatan jalan juga berfungsi sebagai pemandu arah bagi pengendara yang nyelonong.


Namun lain halnya yang berada di Desa Kebong Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang Kalimantan Barat di depan kantor Camat Kelam Permai sampai saat ini belum ada tanda-tanda akan dibuatkan Tugu di perempatan jalan tersebut padahal dengan semakin pesatnya perkembangan penduduk dan teknologi membuat jalan tersebut setiap harinya semakin ramai dilewati oleh berbagai kendaraan dari berbagai arah. Timur yaitu Kecamatan Kayan Hilir, Kayan Hulu bahkan dari kabupaten lain seperti dari Kabupaten Kapuas Hulu, dari arah Utara yaitu Desa Merpak, Desa Kelam Sejahtera, Desa Ensaid Panjang,dari arah Barat diantaranya yang datang dari sintang dan Pontianak serta dari arah Selatan yaitu Kecamatan Dedai dan sekitarnya termasuk anak-anak Sekolah SMA dan SMKN 1 Kelam Permai.


Menurut warga masyarakat Kecamatan Kelam Permai yang berasal dari Desa Bengkuang saat di minta tanggapan terkait belum adanya tugu sebagai pembatas jalan oleh awak media mengatakan bahwa sangatlah penting untuk menjaga agar tidak terjadinya lakalantas di persimpangan yang semakin padat tersebut Jumat, (4/8/2023).


"Ide yang mantap saya setuju soal beberapa waktu lalu saya pernah di tambrak anak SMA sewaktu pulang sekolah. Sangat tidak teratur lalu lintas di smpang 4 tuk ide bagus mengurangi lakalantas", tuturnya Benyamin Warga Desa Bengkuang.


Begitu juga yang disampaikan oleh warga asal Desa Sungai Labi Kecamatan Kelam Permai menurutnya sangat bagus dan tepat dibuatkan Tugu termasuk jalan di perlebar.


"Bagus kalau d beri tugu simpang 4 kelam.kalau bisa jalan d perluas lagi buat 2 jalur", jelas Petrus asal desa Sungai Labi.


Ditempat terpisah saat dihubungi melalui WhatsApp Kepala Desa Kebong Duman,S.Sos mengatakan bahwa Tugu di persimpangan 4 tersebut sangat layak untuk Pemerintah bangun karena melihat perkembangan semakin pesat.


"Dengan melihat perkembangan penduduk dan aktivitas kendaraan yang melelalui jalan tersebut sudah sangat layak pemerintah untuk perhatian membangun tugu di simpang 4 tersebut, agar lebih aman ketika melewatinya, terutama ketika anak2 sekolah pulang kendaran padat dan sangat ramai sehingga sangat rawan terjadinya kecelakaan, untuk menekan agar tidak terjadi kecelakaan maka memang harus di bangun tugu di simpang 4 tersebut", tulis Kades Kebong.


Camat Kelam Permai Kusmara Amijaya,S.Sos. M.Si saat dihubungi melalui WhatsApp menjelaskan bahwa dirinya belum bisa memberikan komentar terkait dengan hal tersebut.


"Aku belum dapat komentar, karena status jalan tersebut bukan kewenangan kabupaten", tulis Camat singkat.


Reporter : K. Robenson

×
Berita Terbaru Update