Notification

×

Melalui Virtual, Danrem Wijayakusuma Ikuti Peresmian TNI Manunggal Air Oleh Kasad

Selasa, 25 Juli 2023 | 19.35.00 WIB Last Updated 2023-07-25T12:35:25Z

 


Cilacap, transkapuas.com - Program TNI-AD Manunggal Air merupakan program penyediaan air melalui pemasangan pompa hydraulic ram pump (Hidram), sumur bor serta penyaluran air secara gravitasi atau non listrik. 


Menilik hal itu, Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M., kembali memimpin langsung pencanangan program TNI AD Manunggal Air berkelanjutan yang sebelumnya digelar pada 23 Maret 2022 silam, kini kembali melanjutkan program tersebut.


Program manunggal air merupakan kebijakan dari KASAD untuk mencari dan membantu kesulitan masyarakat, terkait air bersih dan diharapkan manfaat air itu dapat membantu masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. 


Sistem yang digunakan untuk memompa air adalah Hydraulic Ram Pump atau pompa hidram, pompa yang berfungsi untuk menaikan air melebihi ketinggian 100 meter. Pompa yang cukup sederhana namun efektif ini bekerja dengan mekanisme tekanan dinamik air yang ditimbulkan, memungkinkan air mengalir dari tinggi vertikal (head) yang rendah ke tempat yang lebih tinggi. 


Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dr. H. Dudung Abdurachman, S.E., M.M. hari ini meresmikan penggunaan fasilitas air bersih program TNI AD manunggal air Th. 2023 dan pencanangan percepatan penurunan stunting yang dilaksanakan secara virtual dari Kp. Lebaksongko Ds. Lebak Gedong, Kec. Lebak Gedong Kab. Lebak. Selasa (25/07/2023).


Salah satu Kodim peserta Video conference adalah Kodim 0703/Cilacap Korem 071/Wijayakusuma, yang dipimpin langsung oleh Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Czi Mohammad Andhy Kusuma, S.Sos., M.M., M.Han., diikuti Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Andi Yuliazi, S.E., M.I.P., Pj. Bupati Cilacap yang dalam hal ini diwakilkan oleh Camat Karangpucung Asep Kuncoro, S.STP., M.M., Kapolresta Cilacap yang diwakili oleh Kabaglog Kompol Arief Budi, Danlanal Cilacap yang diwakili oleh Mayor Laut (T) Harry S. Wahyu, S.Sos., beserta Forkopimda Cilacap lainnya mengikuti peresmian secara virtual dari salah satu lokasi pembangunan hydram yakni di Desa Gunungtelu, Kecamatan Karangpucung Kabupaten Cilacap.


Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Czi Mohammad Andhy Kusuma, S.Sos., M.M., M.Han menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah komitmen TNI AD untuk selalu turun bersama masyarakat guna mengatasi kesulitan rakyat dan ini adalah salah satu kegiatan dalam rangka mengatasi kesulitan air, Danrem 071/Wijayakusuma juga berharap hasil kolaborasi kerjasama ini dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya warga Desa Gunung telu yang memang kesulitan air bersih. Dan untuk penurunan angka stunting kita selama ini sudah bergerak mengatasi dengan beberapa kegiatan selain pemberian nutrisi ada juga kita kolaborasi dengan Universitas Jendral Sudirman yang mempunyai bibit padi yang di dalamnya sudah ada nutrisi untuk memenuhi kebutuhan gizi agar masyarakat ataupun anak-anak tidak Stunting.


Sumber: SMSI

×
Berita Terbaru Update