Notification

×

TK

TK

Wabup

Wabup

Sintang 1

Sintang 1

Kukuhkan 22 Guru Penggerak, Ini Kata Bupati Sekadau

Kamis, 06 Juli 2023 | 21.09.00 WIB Last Updated 2023-07-06T14:09:42Z


SEKADAU, TRANS KAPUAS.COM - Bupati Sekadau, Aron Melakukan Pengukuhan Guru Penggerak Angkatan V Daerah Khusus Kabupaten Sekadau, di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Sekadau hari Kamis, (6/72023). 


Adapun jumlah guru pengerak yang dikukuhkan sebanyak-banyaknya 22 orang guru pengerak yang telah mengikuti pendidikan selama 6 bulan dengan efektif dan dinyatakan lulus.


Pelaksanaan Pengukuhan ini berdasarkan atas keputusan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Nomor Nomor 0463-B-GT/00.08/2023.


Kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Sekadau, Fran Dawal dalam sambutannya menyampaikan Guru Penggerak, baik tingkat TK, SD, SMP dan SMA ini perlu didayagunakan untuk menjadi teladan dan agen transformasi bagi ekosistem pendidikan di wilayahnya.


"Guru Penggerak, baik tingkat TK, SD, SMP dan SMA ini perlu didayagunakan untuk menjadi teladan dan agen transformasi bagi ekosistem pendidikan di wilayahnya. Guru pemimpin (Guru Penggerak) sebagai fasilitator harus bisa pusatkan pembelajaran kepada murid", pinta Frans Dawal. 


Kesempatan sama, Bupati Sekadau, Aron menyampaikan sesuai peraturan Menteri pendidikan dan Riset nomor 26 tahun 2022 tentang guru penggerak daerah khusus, artinya jika sudah demikian ada pekerjaan rumah yang harus kita laksanakan kedepan agar dunia pendidikan kita kedepannya semakin maju dan berkembang serta mampu bersaing dikancah internasional.


"Sebagai guru kalian harus mampu menyesuaikan diri dengan persaingan kemajuan teknologi dunia saat ini," kata Aron.


Sebagai seorang guru lanjut dia, yang kerja memang mendidik kalian harus berpikir kedepan guna mempersiapkan generasi muda yang berintelektual tinggi,sebab untuk mengerjakan hal itu tidak bimsalabim jadi, tentu butuh proses dari awal yakni sesuai tingkatan pendidikan. Sebab, kedepan perusahaan-perusahaan besar lebih dominan memperkerjakan robot ketimbang manusia, jika dunai pendidikan kita tidak kuat dan memilih metode baru untuk mengajar anak didik, kita pasti akan ketinggalan, hal ini tentu menjadi PR kita bersama bagaimana memajukan dunia pendidikan.


"Kita harus mampu menguasai pendidikan, sebab pendidikan adalah senjata yang ampuh untuk mengubah dunia," ucap Aron. 


"Saya berharap kepada saudara yang sudah dikukuhkan sebagai guru penggerak, harus menjadi kebanggaan pemerintah daerah kabupaten Sekadau yang telah memiliki guru penggerak," tambahnya. 


Yang perlu kita pikirkan adalah bagaimana kita membuat sekolah-sekolah di tempat kita menjadi sekolah idola. Kita harus bermimpi setinggi tingginya dalam dunia pendidikan agar lebih baik, tantangan kita kedepan adalah bagaimana memajukan dunia pendidikan supaya setiap tahun semakin baik.(sy) 

×
Berita Terbaru Update