Notification

×

Ini Pesan Aron Saat Membuka Kegiatan Peningkatan Kapasitas Pemdes Dalam Penanganan Percepatan Penurunan Stunting

Selasa, 04 Juli 2023 | 11.05.00 WIB Last Updated 2023-07-04T12:18:10Z

 


SEKADAU, TRANSKAPUAS.COM - Bupati Sekadau, Aron Membuka Kegiatan Peningkatan Kapasitas Pemerintah Desa Dalam Penanganan Percepatan Penurunan Stunting Tingkat Desa di ruang Serba Guna lantai II kantor Bupati Sekadau, Selasa (4/7/2023).


Dalam sambutannya, Aron menyampaikan dalam rangka mewujudkan visi Sekadau, Pemda Sekadau sudah melakukan berbagai akselerasi pembangunan dalam upaya menyelesaikan masalah yang terjadi di masyarakat. 


"Dalam rangka mewujudkan visi Sekadau simpati, Pemerintah kabupaten Sekadau melakukan berbagai akselerasi pembangunan dalam upaya menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi dimasyarakat, salah satunya adalah masalah stunting," ucap Aron. 


"Pada tahun 2022, angka prevalensi stunting kabupaten Sekadau berada pada kategori tinggi, yaitu 35,5% berada diatas qngka Rata-rata prevalensi stunting provinsi kalimantan Barat 28,8% dan nasional 21,6%," tambah Aron. 


Aron juga menyampaikan hal ini bukan menjadi tanggung jawab bidang kesehatan saja, namun menjadi rangkaian atau proses kerja sama semua bidang. 


"Tidak hanya menjadi tanggung jawab bidang kesehatan saja namun menjadi rangkaian atau proses kerja sama semua bidang, khususnya dalam kaitannya terhadap:

1. Pelayanan prima ibu, anak, dan calon pengantin, 

2. Penyediaan air minum, sanitasi dan pemukim yang layak bagi masayarakat atau keluarga, 

3. Pemberdayaan dan peningkatan pendidikan serta pengetahuan masyarakat terkait pentingnya pola hidup sehat, 

4. Pemanfaatan keluarga, lahan dan pekarangan dalam rangka pemenuhan kebutuhan vitamin dan gizi keluarga serta masyarakat," tutur Bupati Sekadau.


"Dalam rangka mendukung kinerja tim percepatan penurunan stunting tinggi (TPPS) semua tingkatan baik kabupaten, kecamatan maupun desa agar bekerja sama agar berjalan optimal, maka dilaksanakanlah kegiatan peningkatan kapasitas pemerintah Desa dalam penanganan percepatan penurunan stunting tingkat desa," sambung Aron.


Aron berharap pemerintah desa bisa mengetahui sejauh mana kondisi masyarakatnya di berbagai bidang. 



"Saya berharap pemerintah desa dalam hal ini para kepada desa yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dan mengetahui sejauh mana kondisi masyarakatnya baik dalam bidang pembangunan, kesejahteraan dan bidang lainnya. Sehingga pemerintah desa dapat memahami apa saja yang prioritas program atau kegiatan di desa dalam rangka percepatan penurunan stunting di wilayah masing-masing," pinta Aron. 



"Dengan demikian, percepatan penurunan stunting tingkat desa khususnya di kabupaten Sekadau, memberikan kontribusi yang nyata pagi percepatan penurunan stunting di daerah. Hal ini juga sejalan dengan peraturan Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi Republik Indonesia nomor 8 tahun 2022 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2023," tutup Aron. (Sy) 


×
Berita Terbaru Update