Notification

×

Gawai Dayak Ketemenggungan Linoh Dakan Gandis Ke-7 Dihadiri Jarot

Jumat, 16 Juni 2023 | 09.32.00 WIB Last Updated 2023-06-18T02:32:50Z

 


Sintang,transkapuas.com - Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M. Med. PH menghadiri sekaligus membuka Gawai Nyelapat Tahun Ketemenggungan Linoh Dakan Gandis yang Ke-7 Tahun 2023 di Desa Sabang Surai Kecamatan Sungai Tebelian Kamis,(15/06/2023).


Hadir dalam kegiatan tersebut Anggota Komisi 1 DPR RI Krisantus Kurniawan, Ketua Dewan Adat Dayak Kecamatan Sungai Tebelian,Forkopimcam, para Kades, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta para undangan.


Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M. Med. PH mengatakan kegiatan gawai dayak ini merupakan bentuk rasa sukur masyarakat kepada Tuhan yang maha pencipta, karena hasil pertanian padi kita bagus, hasil sawit juga bagus semoga kedepan lebih bagus lagi sehingga bisa meningkatkan perekononian masyarakat.


"Disini banyak kades termasuk yang hadir, saya siap hadir apabila diundang dan tidak ada kesibukan untuk ikut memeriahkan gawai ada di kecamatan Tebelian termasuk dikecamatan lainnya di kabupaten Sintang", ungkap Jarot Winarno.


Sementara itu, Camat Sungai Tebelian Karjito dalam kesempatan tersebut menyampaikan , perayaan Gawai Nyelapat Tahun Ketemenggungan Linoh Dakan Gandis yang Ke-7 Tahun 2023, ini merupakan kegiatan pelestarian budaya nenek moyang.

"Ini yang harus tetap kita lestarikan, kami dari pemerintah kecamatan Sungai Tebelian sangat mengapresiasi kegiatan ini", jelas Camat.


"Dan kegiatan ini saya melihat juga ada beberapa kegiatan lomba dan pagelaran seni masyarakat, ini sangat positif guna mebjalin silaturahmi yang baik dilingkungan wilayah desa Sabang Surai kecamatan Sungai Tebelian, semoga ini tetap terjaga", jelas Karjito lagi.


Pada kesempatan tersebut Camat Sungai Tebelian Karjito juga menyampaikan pesan, agar masyarakat waspada terhadap kasus rabies akibat gigitan anjing, yang saat ini, kabupaten Sintang sudah dinyatakan KLB, sudah ada ada beberapa korban meninggal dunia akibat gigitan anjing rabies.


"Untuk itu saya berpesan kepada masyarakat yang memeiliki hewan peliharaan seperti anjing, kucing maupun monyet agar segera melaporkan kepemilikan hewan kesayangannya melalui aparat pedesaan , untuk didata dan akan segera bisa dilaporkan untuk mendapatkan suntikan vaksinasi rabies", tambah Karjito.


Info Pemda Sintang

Reporter : K. Robenson

×
Berita Terbaru Update