Notification

×

Dewan Ingatkan Pihak Terkait Beri Vaksin Terhadap Hewan Piaraan

Minggu, 18 Juni 2023 | 09.58.00 WIB Last Updated 2023-06-18T02:58:28Z
Foto: Hasan, SE, ME, anggota DPRD kabupaten Sekadau


SEKADAU, TRANSKAPUAS.COM - Ketua Komisi III Hasan, mengingatkan kepada instansi terkait agar segera melakukan vaksinasi Rabies terhadap hewan piaraan seperti Anjing dan Kucing, hal ini penting dilakukan untuk menjaga agar hewan-hewan tersebut aman dari virus Rabies.

"Kita minta dinas terkait bersama Dinas kesehatan segera melakukan vaksinasi terhadap hewan piaraan di kampung-kampung agar aman dari virus Rabies," katanya Hasan, Minggu (18/06/2023) di Sekadau


Jangan sampai lanjut Hasan sudah ada korban baru sibuk, tindakan pencegahan lebih baik sebelum adanya korban jiwa, sebab di kabupaten tetangga kita yakni Sintang sudah ada korban jiwa akibat gigitan binatang piaraan yakni Anjing dan Kucing yang terpapar virus Rabies.


"Jadi kita jangan terlena meskipun di Sekadau belum ada kasus," ingatnya.


Selalu waspada, cek dan berikan vaksinasi kepada semua binatang piaraan, minta supaya pihak desa melaporkan mendata hewan piaraan di setiap desa masing-masing,jika ada gejala terpapar virus Rabies segera tangani, berikan vaksinasi.


Kepada pihak desa lanjut Hasan, agar melihat dan memantau gejala hewan piaraan warga, jika ada masyarakat yang tergigit segera bawa Puskesmas terdekat, jangan tunggu lama lagi, karena meskipun secara kasat mata hewan yang mengigit itu biasa saja, namun kita tidak tau dari liurnya, harus di cek secara medis.


Kita takut nanti anak-anak bisa terpapar karena mereka lebih rentan tergigit hewan tersebut, misalnya Kucing, Anjing, makanya orang tua juga harus waspada hindari anak-anak dari agar tidak bersentuhan dengan hewan-hewan tersebut.


"Saya ingatkan agar para ibu-ibu hindari anak-anak agar tidak bersentuhan langsung dengan binatang piaraan tersebut," ingatnya.(sy)


×
Berita Terbaru Update