Notification

×

Iklan DPRD Sekadau, Hari Buruh

Iklan DPRD Sekadau, Hari Buruh

Kondisi Balai Dusun Beririk Desa Sepan Lebang Memprihatinkan

Jumat, 12 Mei 2023 | 13.20.00 WIB Last Updated 2023-05-12T06:20:25Z

 


Sintang,transkapuas.com - Balai Dusun umumnya dipakai pusat kegiatan masyarakat yang biasanya tertata rapi dan bersih sebagai percontohan di wilayah setempat. Namun hal berbeda justru terlihat di Balai Dusun Beririk Desa Sepan Lebang Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang Kalimantan Barat, yang kondisinya sangat memprihatinkan Jumat, (12/5/2023).


Kondisi bangunan Balai Dusun yang dibangun sekitar tahun 2009/2010 yang terletak di Dusun Beririk Desa Sepan Lebang Kecamatan, Kelam Permai , Kabupaten Sintang sangat memprihatinkan pasalnya,bangunan yang merupakan salah satu aset bagi masyarakat Beririk tampak kurang terurus dan terkesan terbengkalai bahkan juga tidak memiliki WC umum karena itu, masyarakat Beririk sangat mengharapkan perhatian pemerintah terkait untuk merenovasi.


Saat awak media transkapuas.com menemui salah satu warga masyarakat setempat Markus Unus mengutarakan bahwa mereka mengharapkan adanya perhatian dari pihak terkait dengan kondisi Balai Dusun yang sudah tua seperti itu.


“Ya kita berharap pihak terkait bisa segera memperbaiki bangunan yang sudah tua itu tapi harus ada yang bertanggung jawab menjaga dan merawatnya,” ucapnya.


Markus Unus yang juga sering di sapa Cul tersebut juga menambahkan kalau hal tersebut tidak segera diperbaiki akan sangat berbahaya bagi masyarakat saat mengadakan pertemuan.


"Balai Dusun ini sering kami disini gunakan untuk setiap ada pertemuan bahkan pernah digunakan oleh umat Katolik untuk tempat ibadah karena belum memiliki gereja, jadi kalau musim hujan sudah pasti basah sampai ke ruangan karena atap bangunan nya pada bolong-bolong, dinding dan lantainya juga terbuat dari bahan kayu", tambahnya panjang lebar.


Ditempat terpisah saat ditemui di kediamannya Tokoh masyarakat Dusun Beririk, Wilis Sumitro yang sekaligus sebagai wakil ketua BPD Desa Sepan Lebang serta pernah menjabat sebagai Kepala Dusun Beririk pada tahun 2011 tersebut juga sangat menyayangkan karena kondisi bangunan Balai Dusun Beririk yang sangat memprihatinkan tersebut,dia mengatakan saat dirinya dulu menjabat Balai Dusun Beririk dilakukan perbaikan.


"Balai Dusun Beririk berdiri masa Saudara Juntan masih menjabat sebagai Kepala Dusun, saat saya menjabat sebagai Kepala Dusun saya berserta warga masyarakat Beririk cuma memperbaiki saja,kami warga masyarakat Beririk secara gotong royong membawa bahan dari lokasi bukit liang dengan cara di buatkan rakit dengan melewati sungai agar bisa sampai ke dusun Beririk", terang Wakil Ketua BPD Sepan Lebang.


Sementara itu Kepala Dusun Beririk 2023 Irang saat dikonfirmasi belum memberikan keterangan terkait dengan adanya bangunan Balai Dusun Beririk yang sudah sangat tidak layak tersebut.


Ditempat terpisah saat dihubungi melalui WhatsApp Kepala Desa Sepan Lebang Yulius Slamet ketika ditanya terkait dengan kondisi bangunan balai dusun Beririk mengatakan bahwa untuk saat ini anggaran ke situ belum ada dan akan di anggarkan pada tahun 2024.


"Anggaran belum ada,dan akan dianggarkan tahun depan", tulisannya. singkat


Sementara itu, Camat Kelam Permai Kusmara Amijaya.S.Sos, M.Si saat dihubungi melalui WhatsApp pada Jumat pagi, 12 Mei 2023 mengaku bahwa dirinya Baru tahu serta belum dapat memberi komentar dengan kondisi bangunan Balai Dusun Beririk tersebut dan akan segera menghubungi pihak Desa Sepan Lebang.


"Pagi bang,, saya baru lihat,, saya belum dapat memberi komentar. Tunggu saya konfirmasi ke pihak desa", jelas Camat.


Balai Dusun maupun Balai Desa atau Balai Pertemuan sebagai tempat pertemuan masyarakat untuk membahas hal-hal tertentu.


Reporter : K. Robenson

×
Berita Terbaru Update